Disiplin Nggih! Positif Covid-19 Nambah 21 Orang, Sembuh di Denpasar Ningkat 26 Orang

  20 Juli 2020 PERISTIWA Denpasar

Juru Bicara Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar kembali mencatat penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19. Per hari Senin (20/7) tercatat sebanyak 26 orang sembuh, sedangkan penambahan kasus positif Covid-19 tercatat bertambah 21 orang.

“Kasus sembuh bertambah 26 orang, dan kasus positif Covid-19 bertambah 21 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar di ruang Press Room Kantor Walikota Senin (20/7).

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan bahwa angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif covid 19 masih fluktuatif di Kota Denpasar. Dimana, ditengah banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif covid 19. Karenanya diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.  

"Kita bersama memiliki tanggung jawab untuk memutus penyebaran, dan saat ini GTPP tetap fokus melakukan 3 T yakni Tracing, Testing dan Treatmen. Untuk menemukan kasus, melalui tracing, tes, dan isolasi atau perawatan, dan masyarakat diharapkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,"ujar Dewa Rai. 

Dewa Rai menjelaskan bahwa walaupun saat ini kita sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun kasus positif baru di internal keluarga dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah  masih menunjukan peningkatan. Kedua klaster baru inilah yang patut kita waspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar. 

“Masyarakat diharapkan lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah mulai mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi," ujar Dewa Rai.

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan covid 19 tidak semakin meluas.  Karena dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.   

Secara kumulatif Dewa Rai, menjelaskan kasus Covid 19 di Kota Denpasar sebanyak 1.078 kasus positif. Rincianya adalah 762 orang sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan 302 orang masih dalam perawatan. 

Kasus Positif :

1.      Desa Pemogan dua orang laki-laki usia 49 dan 13 tahun serta dua orang perempuan usia 44 dan 21 tahun

2.      Kelurahan Pemecutan lima orang laki-laki usia 49, 24, 21, 42 dan 18 tahun serta seorang perempuan usia 48 tahun

3.      Kelurahan Penatih dua orang perempuan usia 29 dan 62 tahun

4.      Desa Dauh Puri Kauh seorang laki-laki usia 8 tahun

5.      Kelurahan Panjer seorang perempuan usia 9 tahun

6.      Desa Dauh Puri Kaja seorang laki-laki usia 63 tahun

7.      Desa Dangin Puri Kelod seorang perempuan usia 38 tahun

8.      Kelurahan Sesetan dua orang laki-laki usia 44 dan 29 tahun serta tiga orang perempuan usia 76, 46 dan 43 tahun

Kasus Sembuh : 26 Orang.(BB).