Positif Covid-19 Nambah 25 Orang, Pasien Sembuh di Denpasar Ningkat 31 Orang 

  18 Juli 2020 PERISTIWA Denpasar

Juru Bicara Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Angka kesembuhan pasien harian di Kota Denpasar terus mengalami peningkatan. Sejak beberapa hari terakhir, angka kesembuhan pasien mampu melampaui jumlah pasien yang positif setiap harinya. 

Per hari Sabtu (18/7) tercatat jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar sebanyak 31 orang. Sedangkan pasien positif tercatat penambahan sebanyak 25 orang.  

“Sejak beberapa hari belakangan ini angka kesembuhan terus meningkat, kita harus optimis, namun juga harus tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan, update kasus hari ini sebanyak 31 orang sembuh, sedangkan kasus positif bertambah 25 orang ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar di ruang Press Room Kantor Walikota Sabtu (18/7).

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan bahwa angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif covid 19 masih fluktuatif di Kota Denpasar. Dimana, ditengah banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif covid 19. Karenanya diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.  

"Kita bersama memiliki tanggung jawab untuk memutus penyebaran, dan saat ini GTPP tetap fokus melakukan 3 T yakni Tracing, Testing dan Treatmen. Untuk menemukan kasus, melalui tracing, tes, dan isolasi atau perawatan, dan masyarakat diharapkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,"ujar Dewa Rai.

Dewa Rai menjelaskan bahwa walaupun saat ini kita sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun kasus positif baru di internal keluarga dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah  masih menunjukan peningkatan. Kedua klaster baru inilah yang patut kita waspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar. 

“Masyarakat diharapkan lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah mulai mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi," jelas Dewa Rai.

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan covid 19 tidak semakin meluas. Karena dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.  

Secara kumulatif Dewa Rai, menjelaskan kasus Covid 19 di Kota Denpasar sebanyak 1.026 kasus positif. Rincianya adalah 675 orang sembuh, 12 orang meninggal dunia, dan 339 orang masih dalam perawatan. 

 

Kasus Positif :

 

1.       Desa Tegal Harum  dua orang laki-laki usia 51 dan 55 tahun serta empat orang perempuan usia  51, 11, 11 dan 18 tahun 

 

2. Desa Dauh Puri Kaja seorang laki-laki usia 12 tahun 

 

3. Kelurahan Pemecutan seorang laki-laki usia 49 tahun serta tiga orang perempuan usia 45, 12 dan 40 tahun 

 

4. Desa Peguyangan Kangin seorang perempuan usia 50 tahun

 

5. Desa Sanur Kauh seorang laki-laki usia 28 tahun serta seorang perempuan usia 40 tahun 

 

6. Desa Ubung Kaja dua orang perempuan usia 66 dan 36 tahun 

 

7. Desa Pemecutan Kaja seorang laki-laki usia 12 tahun serta empat orang perempuan usia 44, 30, 50 dan 54 tahun 

 

8. Desa Sumerta Kauh seorang perempuan usia 48 tahun 

 

9. Kelurahan Penatih seorang perempuan usia 29 tahun 

 

10. Kelurahan Peguyangan seorang laki-laki usia 26 tahun 

 

11. Kelurahan Tonja seorang laki-laki usia 27 tahun 

Kasus Sembuh : 31 Orang.(BB).