Polres Gianyar Gelar Persembahyangan Tumpek Landep, Seluruh Peralatan dari Besi di Upacarai 

  18 Juli 2020 PERISTIWA Gianyar

FOTO : Polres Gianyar saat menggelar persembahyangan tumpek landep di halaman parkir Mapolres Gianyar, Sabtu (18/7/2020) pagi. (CATUR)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Kepolisian Resort Gianyar menggelar persembahyangan tumpek landep, Sabtu (18/7/2020). 

Upacara yang diikuti oleh seluruh personil Polres Gianyar ini digelar di lapangan parkir Mapolres Gianyar.

Dalam kegiatan persembahyangan ini seluruh peralatan dinas yang terbuat dari besi diupacarai dalam tumpek landep ini. 

Hari tumpek landep yang jatuh setiap enam bulan sekali yakni saniscara (Sabtu) kliwon wuku landep ini memiliki makna untuk memuja Sang Hyang Siwa Pasupti sebagai dewanya taksu.

Dimana segala jenis peralatan atau prabotan yang terbuat dari besi akan diupacarai pada hari tumpek landep ini. 

Kabag Sumda Polres Gianyar, Kompol I Ketut Dana mengatakan bahwa dalam kegiatan persembahyangan tumpek landep ini seluruh peralatan yang terbuat dari besi seperti senjata api, komputer, kendaraan dinas, serta peralatan lainnya di upacarai.

"Persembahyangan ini dilaksanakan sebagai wujud ucapan terimakasih atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa sehingga segala peralatan dalam mendukung pelaksanaan kinerja Polres Gianyar dapat digunakan dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya. 

Kegiatan persembahyangan ini secara rutin dilakukan oleh Polres Gianyar setiap jatuhnya hari  tumpek landep yakni enam bulan sekali. 

Sedangkan, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana pada saat persembahyangan juga mengatakan bahwa mengingat saat ini sedang mewabahnya pandemi Covid-19, diingatkan kepada seluruh personil agar tetap waspada. 

"Untuk itu seluruh personil dihimbau agar selalu hadir di tengah-tengaj masyarakat serta mengajak untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru agar tetap mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.(BB)