Harap Waspada! Ternyata Covif 19 Bisa Menular Melalui Udara

Tabel Organisasi Kesehatan Dunia WHO

Baliberkarya.com-Denpasar. Berbagai informasi yang selama ini beredar di masyarakat tentang sarana penularan wabah Covid-19, yang konon hanya melalui sentuhan tangan dan droplet atau cairan air ludah dan cairan yang keluar saat seseorang bersin ternyata sudah terpatahkan. 

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyimpulkan, ternyata benar bahwa Covid-19 juga dapat menular melalui udara. 

“Benar. Badan Kesehatan Dunia, WHO tengah memperdalam kajian tentang risiko penularan Covid-19 melalui udara. Khususnya melalui udara di dalam ruangan tertutup,’ ujar Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin Senin (13/7)  di Denpasar. 

Dijelaskan, sesuai temuan WHO tersebut, Covid-19 akan sangat mudah menular dalam ruangan yang sirkulasi udaranya sangat buruk apalagi bila ruangan tersebut dipenuhi banyak orang. 

Tambah lagi jika di dalam ruangan seperti itu, orang-orang tidak mengindahkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dengan benar, tidak menjaga jarak dan tidak mewaspadai diri terhadap kemungkinan tertular Covid-19. 

"Karena itu pada ruangan apapun yang dipakai beraktivitas banyak orang, perlu diatur agar memiliki ventilasi udara segar yang nmemadai, batasi jumlah orang, tetap jaga jarak dan semua wajib mengenakan masker. Jika ini dilakukan niscaya penularan berisiko seperti itu tidak akan terjadi,’ ujar Made Rentin yang tak lain adalah Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali ini. 

Temuan WHO yang terbaru ini memang seolah telah mematahkan pemahaman masyarakat selama ini, seperti juga yang beberapa waktu lalu pernah dilontarkan Prof. Wiku Adisasmito ( Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid19). 

Ketika itu Profesor Wiku menegaskan bahwa penularan coronavirus atau covid-19 melalui dua cara, yaitu: Melalui droplet atau cairan air ludan dan cairan bersin sekitar 20


TAGS :

Komentar