Astungkara! Kasus DBD di Kabupaten Gianyar Mulai Menurun, Fogging Digencarkan

Ket poto : petugas sedang melaksanakan Fogging di rumah-rumah penduduk

Baliberkarya.com - Gianyar. Kesadaran masyarakat Gianyar akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan ternyata berbuah manis.

Sejak bulan Juni tahun ini, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gianyar mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan. Padahal sebelumnya kasus DBD tergolong tinggi.

"Pada bulan Juni hingga saat ini tercatat 173 kasus DBD dan tanpa adanya pasien yang meninggal," terang Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa, Minggu (12/7/2020). 

Dari data yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, tercatat mulai bulan Januari 2020 terdapat 132 kasus DBD. 

Kemudian pada bulan Februari sebanyak 132 kasus, bulan Maret sebanyak 279 kasus dengan 1 kasus meninggal dunia, bulan April sempat mengalami peningkatan sebanyak 495 kasus dan 2 kasus meninggal dunia. 

"Kemudian pada bulan Mei mengalami penurunan menjadi 348 kasus dan bulan Juni terdapat 137 kasus," ujarnya.

Diungkapkan oleh Anak Agung Anom Sukamawa bahwa angka penurunan ini terjadi karena masyarakat mulai sadar untuk pola hidup sehat dan menjaga lingkungan tetap bersih. 

"Perilaku hidup bersih dan sehat oleh masyarakat sudah serentak dilakukan, memutus tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk yaitu dengan membersihkan genangan air dan tumpukan sampah," imbuhnya. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar juga sudah rutin melakukan fogging didaerah yang terjadi kasus DBD. Jika ada laporan di suatu wilayah ada kasus DBD maka itu langsung di lakukan fogging, sesuai dengan SOP. (BB)


TAGS :

Komentar