Pol PP Amankan Satu ODGJ, Jembrana Bersih Kasus Pemasungan

Baliberkarya

Baliberkarya.com-Jembrana. Gusti Ayu Kade Nursini (50), warga Banjar Munduk, Desa Pohaanten, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali, Jumat (10/7) pagi, tiba-tiba menunjukan sikap aneh saat didatangi sejumlah anggota Pol PP Jembrana dan aparat desa setempat.

BACA JUGA : Mih Dewa Ratu! Jukung Terbalik, Nyoman Cenik Hilang Dipantai Bunutan

Wanita itu berpakaian tak lazim layaknya seorang selir di jaman kerajaan, sambil tangannya memegang sarana banten upakara. 

Dia berteriak-teriak histeris, sambil sekali-kali menunjuk ke arah petugas yang datang, sambil matanya melotot dan sekali-kali menari ala Rangda atau kelihatan seperti orang kesurupan.

Beberapa petugas yang berusaha mendekatinya dibuat kalang kabut karena Nursini melemparinya dengan batu kerikil. Namun petugas dari Satuan Sat Pol PP Jembrana tak kalah sigap. Wanita bersikap aneh itu berhasil diamankan.

"Kita amankan dia (Nursini), karena dia orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) atas laporan masyarakat karena keberadaannya sangat meresahkan," terang Kasat Pol PP Jembrana Made Leo Agus Jaya, Jumat (10/7/2020).

BACA JUGA : 'New Normal' : Hotel dan Pariwisata di Jembrana Mulai Buka, Kafe dan Karaoke Dilarang

Setelah diamankan lanjut Leo, wanita tersebut langsung dibawa ke Puskesmas Mendoyo untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Selanjutnya ODGJ tersebut di rujuk ke RSJ Bangli untuk menjalani perawatan.

"Tentunya sebelum dirujuk, kita koordinasikan dengan Dinas Sosial sesuai prosedur," ujarnya.

Leo menambahkan, Pemkab Jembrana sangat serius menangani ODGJ agar keberadaanya tidak mengganggu ketentraman warga. Pihaknya mengaku telah banyak mengamankan ODGJ di Jembrana dan dirujuk ke RSJ Bangli.

Dengan langkah serius Pemkab Jembrana tersebut, hingga saat ini tidak ada ODGJ yang tidak tertangani di Jembrana.

Demikian halnya kasus ODGJ yang dipasung, sejak beberapa tahun lalu di Jembrana sudah tidak ditemukan kasus pemasungan ODGJ atau Jembrana telah bersih kasus pemasungan.(BB)


TAGS :

Komentar