Update Covid 5 Juli: di Bali Positif Tembus 1849 Orang, Waduh! Didominasi Transmisi Lokal hingga 1477 Orang

  05 Juli 2020 PERISTIWA Denpasar

Humas Pemprov Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pemerintah Provinsi Bali, melalui keterangan resminya Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menyampaikan perkembangan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Provinsi Bali, Minggu (5/7). 

BACA JUGA : Rapid Test Bayar, Teguh Mintorogo Doakan Dokter-Dokter Mati, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Jembrana

Untuk Update Kasus katanya, Jumlah kumulatif pasien positif 1.849 orang (bertambah 52 orang WNI, terdiri dari 2 orang PMI dan 50 orang Transmisi Lokal). Jumlah pasien yang telah sembuh sejumlah 967 orang (bertambah 30 orang WNI,  terdiri dari 30 orang Transmisi Lokal). Jumlah pasien yang meninggal sejumlah 20 orang (18 orang WNI dan 2 orang WNA) dan jumlah pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) 862 orang yang berada di 14 rumah sakit, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Gran Mega dan BPK Pering).  

"Jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh transmisi lokal secara komulatif sejumlah 1.477 Orang," jelasnya. 

Hal ini berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan COVID-19, seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya. 

BACA JUGA : Amor Ing Acintya! Lakalantas, Petani Jembrana Tewas Kendarai Motor Modif 'Bodong'

"Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini," tandasnya. Diapun menegaskan, mengingat transmisi lokal COVID-19 memperlihatkan kecenderungan meningkat dalam beberapa hari terakhir, maka diminta kepada seluruh warga masyarakat, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh politik, dan semua elemen masyarakat untuk bersatu padu menguatkan disiplin kita semua dalam penerapan protokol pencegahan COVID-19 yakni selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari keramaian, melaksanakan etika batuk/bersin, melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat yang tepat, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

"Semakin kita disiplin dalam pelaksanaan pencegahan ini maka transmisi lokal penyebaran COVID-19 pasti bisa kita hentikan. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kami minta semua elemen masyarakat membantu dan bekerjasama dengan petugas survailans Dinas Kesehatan dalam melaksanakan tracing contact untuk menemukan siapapun yg pernah kontak dekat dengan orang yang positif COVID-19 sehingga kita bisa menangani lebih awal orang-orang yang berisiko terinfeksi COVID-19 guna mencegah penyebaran berikutnya kepada orang lain," tutupnya.(BB)