Bersama BI, Rai Wirajaya Serahkan Bantuan Paket Sembako ke UMKM Binaan 

Foto: Rai Wirajaya bersama Kepala KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho serahkan paket sembako dari KPw BI Provinsi Bali kepada UMKM Binaan, Rabu (24/6/2020).

Baliberkarya.com-Denpasar. Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali kembali menyerahkan bantuan paket sembako bagi warga atau kelompok yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Kali ini, 1.750 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng gula, dan lainnya kepada sejumlah kelompok UMKM binaan BI Bali dan sejumlah banjar.

Bantuan paket sembako ini diserahkan Kepala KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho bersama Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya di Kantor KPw BI Provinsi Bali, Rabu sore (24/6/2020). Progam bantuan ini merupakan bagian dari "Dedikasi untuk Negeri Program Sosial Bank Indonesia Penanganan Covid-19."

Bantuan secara simbolis diserahkan kepada UMKM Binaan BI Bali di sejumlah Kategori yakni Pertanian (Subak Getas, Gianyar), Perkebunan (Subak Dana Amertha Sari), Peternakan (KTT Jaya Perkasa Mandiri, Badung), Kerajinan (Bara Silver, Gianyar), Desa Wisata (Desa Wisata Tampaksiring, Gianyar). 

Bantuan untuk UMKM ini total diberikan 31 kelompok dengan total 1.550 paket sembako. Bantuan juga diserahkan kepada sejumlah banjar yakni Kelian Banjar Tatasan Kelod dan Kelian Banjar Tatasan Kaja dengan total 200 paket sembako.

Kepala KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyatakan bantuan paket sembako ini merupakan bentuk kepedulian BI kepada masyarakat terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Apalagi wabah ini telah meluluhlantahkan ekonomi. 

"Setahu saya ini dampak ekonominya paling dahsyat. Semua pertumbuhan ekonomi dunia mengalami kontraksi. Semoga bantuan ini meringankan beban UMKM dan masyarakat secara umum," kata Trisno Nugroho.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi atau perlambatan minus 1,18 pada triwulan 1 tahun 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19. Semua sektor mengalami kontraksi kecuali pertanian.

"Pertumbuhan pertanian naik sedikit dan harapannya bisa sedikit menahan perlambatan ekonomi Bali," jelas Trisno Nugroho.

Ia berharap pembangunan sektor pertanian jangan sampai berhenti karena sangat dibutuhkan Bali, baik untuk menunjang pariwisata maupun menjaga ketahanan pangan. Diharapkan pula ekonomi Bali membaik pada triwulan III September 2020 sejalan dengan pemberlakuan protokol New Normal atau Bali Era Baru.

Di sisi lain, lanjut Trisno Nugroho, UMKM sebagai penggerak ekonomi Bali tak luput dari dampak pandemi. Untuk BI kemudian memberikan perhatian dan kepedulian lewat bantuan sembako ini. BI Bali pun memberikan semangat kepada UMKM agar jangan menyerah dan dapat bangkit bersama-sama dari pandemi Covid-19. 

"UMKM masa depan Indonesia dan kami harapkan UMKM Bali maju dan bertahan dalam pandemi Covid-19. UMKM adaptif, resilience, tahan banting, tidak ada matinya, bisa bertahan dengan inovasi, kreatif, tidak menyerah, jangan mengeluh. Kalau bisa lewati pandemi, UMKM akan terus bertahan dan sukses," terang Trisno Nugroho.Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi bantuan yang digelontorkan KPw BI Provinsi Bali. Rai Wirajaya juga mengapresiasi berbagai program bantuan, pendampingan dan pembinaan yang diberikan BI Bali kepada para UMKM.

"Dalam suasana ini BI terus gelontorkan bantuan. Ini sangat membahagiakan dan sangat saya apresiasi," ucap Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini.

Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini berharap UMKM dapat bergandengan tangan bangkit bersama. Walaupun ini bukan tugas utama BI sebab tugas utama BI adalah jaga sistem pembayaran dan devisa. 

"Tapi pembinaan kepada UMKM ini  penting dalam rangka menjaga inflasi dan penguatan ekonomi daerah. UMKM Binaan BI diajar merangkak, berdiri, berlari dan jadi mandiri," tandas politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini. 

Seperti diberitakan Baliberkarya.com sebelumnya, Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) juga tak henti-hentinya terus menolong dan menjalankan misi sosial dan aksi kemanusiaan membantu berbagai pihak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Beberapa hari lalu yakni bertepatan dengan peringatan “Bulan Bung Karno 2020” dengan semangat gotong royong, inovasi dan edukasi dalam penanganan pandemi Covid-19, Rai Wirajaya menyerahkan bantuan total 477 paket sembako kepada sejumlah "Dadia" atau keluarga di kediamannya di Jero Prenem, Jalan Suradipa 12 Peguyangan Kaja, Denpasar, Sabtu (13/6/2020).

"Program sembako dadia (keluarga) ini semata-mata bentuk perhatian kami sebagai rasa kemanusian bagi keluarga terdampak Covid-19, bukan untuk mencari panggung," ucap Rai Wirajaya atau yang juga disapa ARW itu.

Menurut Rai Wirajaya, pembagian ratusan paket sembako kali ini memang sengaja disiapkan lantaran dirinya melihat masih banyak keluarga terdampak Covid-19 yang belum tersentuh. Melalui program dadia/keluarga ini Rai Wirajaya membagikan sembako kepada 20 perwakilan dadia untuk disalurkan kepada masing-masing dadia/keluarga dimana setiap dadia terdiri dari 25 KK.

"Kami harapkan bantuan sembako ini bisa bermanfaat meringankan beban masyarakat. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini kita tidak boleh egois, berbagi dengan yang lain jauh lebih baik," jelas Rai Wirajaya yang merupakan Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini menerangkan penyerahan bantuan sembako ini merupakan kelanjutan dari program bantuan sebelumnya yang telah dilakukan juga di sejumlah titik di Bali dan menyasar berbagai kelompok masyarakat.

"Kami terus bergerak selama pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Ini adalah tugas kemanusiaan yang harus kita jalankan. Jadi spirit kebersamaan dan gotong royong jangan kendor dalam hadapi pandemi Covid-19," terang politisi senior PDI Perjuangan tersebut.

Rai Wirajaya mengakui kegiatan kemanusiaan serangkaian peringatan Bulan Bung Karno ini juga sesuai instruksi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bahwa setiap anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota wajib ada kegiatan kemanusiaan.

"Rasa kemanusiaan ditonjolkan jangan tonjolkan ego pribadi. Kita membantu yang membutuhkan dengan gotong royong serta tetap juga perhatikan protokol kesehatan jaga jarak, rajin cuci tangan, pakai masker," tegas tokoh asal Peguyangan, Denpasar ini seraya mengajak masyarakat bersiap ke depan menghadapi era "New Normal" dan menaati berbagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Sebelumnya juga, Agung Rai Wirajaya (ARW) juga secara maraton juga terus bergerak melakukan safari kemanusiaan membantu menanggulangi dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 keliling Bali mulai pada Senin (27/4/2020) Rai Wirajaya bersama dengan KPw BI (Bank Indonesia) Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) juga menyerahkan bantuan APD seperti masker, sepatu boots, kacamata, wastafel ke Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Kemudian Agung Rai Wirajaya (ARW) juga membuktikan kepedulian sosial dengan menyerahkan bantuan masker, sembako, dan susu beruang di Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, pada Rabu (29/4/2020). Seolah tak mengenal lelah, Ia juga terjun ke Kabupaten Buleleng untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Buleleng yang terdampak Covid-19, Kamis (30/4/2020). Bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan sembako ini diserahkan bersama-sama dengan Kantor Perwakilan Wilayah BI Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali. 

Tak hanya itu, Rai Wirajaya juga terjun langsung ke 11 Banjar yang ada di Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar dengan memberikan bantuan 100 psc masker kepada masing-masing banjar yakni Banjar Gunung, Banjar Ben Biu, Banjar Batur, Banjar Saih, Banjar Paang Tebel, Banjar Pondok, Banjar Punduhkulit, Banjar Uma Desa, Banjar Belusung, Banjar Dualang dan Banjar Den Yeh.

Politisi PDI Perjuangan yang dikenal dermawan ini juga menyerahkan bantuan sembako kepada Perbekel Peguyangan Kaja. Aksi kepedulian sosial dan kemanusiaan menangani Covid-19 dilakukan bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar Wayan Sutama, relawan ARW serta relawan Sutama.

Sebagai wakil rakyat yang dipercaya warga, Agung Rai Wirajaya (ARW) menegaskan akan terus secara rutin memberikan bantuan dan terus bergerak di daerah lain di Bali membantu masyarakat terdampak Covid-19. Pada Selasa (12/5/2020) Rai Wirajaya bersama BI Bali menyerahkan bantuan berupa 1.300 paket sembako (berisi beras, minyak goreng gula, dan lainnya) serta 5.000 pcs masker kepada berbagai kelompok masyarakat di Denpasar dan sejumlah lembaga.

Bantuan diserahkan kepada MDA (Majelis Desa Adat) Bali, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bali, STAI Denpasar, PP Muhammadiyah Bali, Bendesa Adat Yang Batu, Desa Dangin Puri Kangin, Lingkungan Banjar Tegeh, dan Lingkungan Banjar Antap, Yayasan Lengis Bali, ACT Foundation Cabang Bali, dan Paguyuban Wathan Lamahala.

"Kami akan terus bergerak membantu masyarakat dan pemerintah. Semoga pandemi Covid-19 ini segara berakhir," tutup Agung Rai Wirajaya (ARW).(BB).


TAGS :

Komentar