PDI Perjuangan Gelar Demo Masak Virtual Kenalkan Bahan Pangan Pengganti Beras Resep Mustika Rasa Bung Karno

  24 Juni 2020 POLITIK Denpasar

Para Panitia Pelaksana dalam keterangan persnya kepada awak media, Rabu sore (24/06/2020) di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali. 

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk menggali kearifan lokal Bali khususnya di sektor pangan, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali akan mengadakan sebuah acara yang mengangkat potensi pangan lokal Bali pengganti beras. Acara kali ini bertajuk "Pengolahan Bahan Pangan Substitusi Bahan Pokok Berbasis Potensi Lokal Alam Bali Berdasarkan Resep Mustika Rasa Warisan Bung Karno". 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Jumat 26 Juni 2020 secara serentak oleh DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota se-Bali. Acara ini akan digelar secara virtual dengan melakukan demo masak (virtual live cooking demo) dengan menampilkan 5 menu yang diambil dari buku Mustika Rasa Warisan Bung Karno. 

"Kegiatan ini dalam rangkaian pelaksanaan Bulan Bung Karno dimana tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang sejalan dengan prioritas pembangunan Provinsi Bali untuk mewujudkan keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan Bali menuju Bali Era Baru sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Tema utama dari kegiatan Bulan Bung Karno tahun ini adalah Spirit Pancasila Gotong Royong Hadapi Covid-19," ucapKetua Umum Panitia Pelaksana Peringatan Bulan Bung Karno DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya, dalam keterangan persnya kepada awak media, Rabu sore (24/06/2020) di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali. 

Dewa Mahayadnya yang populer disapa Dewa Jack didampingi Koordinator Daerah Sosialisasi Bahan Pangan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali I Made Rami Adnyana, kader sekaligus anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali Cok Agung, dan DPD ICA (Indonesia Chef Association) Bali menjelaskan event ini bekerjasama dengan ICA Bali yang terdiri dari satu head chef dan dua tukang masak pembantu, serta dibantu 5 orang tim dari DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota se-Bali. 

"Tempat ditentukan masing-masing DPC. Demo masak virtual ini dapat disaksikan secara langsung melalui akun Zoom dan live streaming melalui akun youtube," jelas Dewa Mahayadnya yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali ini. 

Sementara, Koordinator Daerah Sosialisasi Bahan Pangan, Ramia Adnyana menyampikan kegiatan demo masak secara virtual ini baru pertama kali dilaksanakan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor dalam mensosialisasikan pengolahan bahan pangan pokok pengganti beras sebagai alternatif pangan yang gampang didapat di lingkungan sekitar.

"Selain beras, bahan pangan pokok itu bisa dari jagung, keladi, singkong, ketela rambat, kacang, sagu juga kentang. Kami berharap event ini dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang bahan pangan pokok pengganti beras agar dapat bertahan di masa pandemi covid-19," terang Ramia yang dikenal praktisi dan pelaku pariwisata asal Karangasem ini.

Sedangkan, Ketua DPD ICA Bali Hendra Mahena sangat mengapresiasi langkah PDI Perjuangan yang sangat getol mengangkat potensi pangan lokal Bali utamanya pengolahan bahan pangan pengganti beras yang diambil dari buku Mustika Rasa Warisan Bung Karno. Ia berharap, event ini dapat memperkenalkan kuliner lokal Bali ke level nasional bahkan internasional. 

"Umbi-umbian biasanya diolah untuk kue dan jajanan. Tapi sekarang dengan bahan yang mudah didapat dan ada di sekitar kita mampu menjadi bahan pangan pengganti beras yang tentunya juga mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi kesehatan," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, PDI Perjuangan berharap dapat mensosialisasikan dan memperkenalkan secara luas kepada masyarakat tata cara pengolahan bahan pangan pokok substitusi berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa Bung Karno.

"Untuk mewujudkan ajaran Tri Saksi Bung Karno yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang budaya," tutupnya.(BB).