Kembali Peduli, Gus Adhi Bantu Paket Sembako Mahasiswa Stispol Wira Bhakti 

  02 Juni 2020 TOKOH Denpasar

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) menyerahkan bantuan sembako kepada mahasiswa Stispol Wira Bhakti Denpasar, Selasa (2/6/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Tak ada lelahnya untuk berbagi dalam aksi kemanusiaan, Anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra terus bergerak membantu berbagai elemen masyarakat Bali yang terdampak pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Kali ini, Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali yang akrab disapa Gus Adhi memberikan bantuan sembako kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (Stispol) Wira Bhakti Denpasar, Selasa (2/6/2020). Total 50 paket sembako dibagikan kepada para mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19, seperti kena PHK atau dirumahkan.

Gus Adhi menyatakan para mahasiswa ini perlu dan layak dibantu, apalagi mereka yang dibantu adalah manusia plus yakni kuliah sambil bekerja untuk membantu keluarganya. Ia berharap bantuannya ini dapat membantu meringankan beban mahasiswa dan tetap semangat menempuh pendidikan sarjana.

"Mereka (mahasiswa) ada yang kehilangan pekerjaan sehingga kami bantu sekadar meringankan beban ditengah situasi saat ini," kata Gus Adhi usai penyerahan bantuan ini.

Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini juga mengapresiasi keberadaan dan eksistensi Stispol Wira Bhakti sebagai salah satu kampus yang didirikan para veteran pejuang kemerdekaan RI. Gus Adhi juga berharap semoga spirit nasionalisme dan perjuangan dari para pendiri menjadi inspirasi dan teladan bagi para mahasiswa. 

"Mereka kami harapkan jadi sarjana unggul yang tidak hanya menguasai keilmuannya tapi punya jiwa nasionalisme dan bela negara yang kuat," harap Gus Adhi yang juga Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali.

Terkait bantuan Gus Adhi ini, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stispol Wira Bhakti mengungkapkan banyak mahasiswa Stispol Wira Bhakti yang terkena PHK, dirumahkan, dan pengurangan jam kerja. Karenanya pihaknya memohon bantuan kepada Gus Adhi selaku Anggota DPR RI Dapil Bali seraya berharap pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga para mahasiwa bisa kembali mencari nafkah sambil kuliah.

Sementara, Ketua Stispol Wira Bhakti Denpasar, Dr. I Nengah Merta, S.Sos., M.Si., mengapresiasi kepedulian dan bantuan sembako yang diberikan Gus Adhi kepada para mahasiswa ini. Apalagi menurutnya kehadiran dan kepedulian yang diberikan Gus Adhi bukan hanya saat pandemi Covid-19 tetapi juga sebelumnya banyak sumbangsih diberikan kepada Stispol Wira Bhakti.

"Sebanyak 50 orang mahasiswa yang diberikan bantuan ini merupakan mahasiswa yang kena PHK, dirumahkan dan sebagian juga mahasiswa dari luar Bali yang tidak bisa kembali ke kampung halamannya," kata Merta.

Baginya, di tengah situasi sekarang ini kebersamaan, gotong royong dan rasa empati perlu terus ditingkatkan. "Itu juga yang kami selalu tekankan pada mahasiswa dalam hadapi situasi pandemi Covid-19 ini," ungkap Merta.

Dalam kesempatan ini, Ketua Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali I Gusti Ngurah Gede Yudana mengungkapkan Gus Adhi bukan orang baru bagi Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) sebab keluarganya merupakan keluarga pejuang yang satu kesatuan dengan visi misi dan perjuangan YKP dalam membangun pendidikan di Bali.

Menurutnya, YKP didirikan sebagai refleksi perjuangan putra-putri pejuang di Bali dalam mengisi kemerdekaan melalui pendidikan serta memfasilitasi pendidikan dari kalangan ekonomi menengah kebawah.

"Di tengah pandemi Covid-19, beliau (Gus Adhi) juga tidak lupa dengan YKP dan Stispol Wira. Ini bukan bantuan saja tapi berikan semangat perjuangan pada mahasiswa," terang Yudana.

Seperti diberitakan Baliberkarya.com, Gus Adhi secara maraton dan bertahap membantu berbagai elemen masyarakat Bali yang terdampak pandemi Virus Corona atau Covid-19. Sebelumnya Gus Adhi bersama bersama Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar Anwar di Jro Amatra, Kerobokan, Badung pada Selasa (19/05/2020) lalu menyerahkan bantuan 1.000 paket ikan kembung dengan kandungan Omega 3 yang mengalahkan kandungan ikan Salmon. 

Bantuan itu diberikan khusus kepada ibu hamil dan menyusui, masyarakat kurang gizi, mahasiswa, bidan, perwakilan sulinggih, dan kelompok masyarakat lainnya yang membutuhkan serangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020 dengan tema "Ikan Sehat Bermutu untuk Menanggulangi Covid-19".

Selain itu, serangkaian menyambut HUT ke-60 SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), Anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) kembali menggelar aksi sosial kemanusiaan berupa donor darah dan pembagian vitamin dikediamannya di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Kamis (28/5/2020). 

Aksi sosial kemanusiaan ini melibatkan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Badung, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali, para atlet tarung derajat, atlet dan pelatih PPS (Persatuan Pencak Silat) Kertha Wisesa Bali, kader SOKSI Bali dan masyarakat lainnya.(BB).