Kembali Bantu Warga, Rai Wirajaya Bersama BI Bali Serahkan Bantuan 1.200 Paket Sembako

  01 Juni 2020 TOKOH Denpasar

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya bersama Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan bantuan 1200 Paket Sembako, Senin siang (1/6/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Seolah tak mengenal lelah, Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) terus bergerak dan tak henti-hentinya menjalankan misi sosial dan aksi kemanusiaan membantu berbagai pihak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Rai Wirajaya bersama Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan bantuan total 1.200 paket sembako kepada sejumlah pihak di Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, Jl. Kapten Tantular Nomor 11, Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin siang (1/6/2020).

Penyerahan bantuan ini setelah sebelumnya Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPN Peradah Indonesia) mengajukan daftar penerima bantuan ini. Bantuan total 1.200 paket sembako ini diberikan kepada perwakilan sejumlah kelompok/pihak penerima bantuan, seperti Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Perumda Bukti Praja Sewakadarma Kota Denpasar.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada sejumlah Banjar Adat seperti Banjar Kaja Desa Adat Sesetan, Banjar Kubu Delod Tukad Desa Adat Sesetan, Banjar Buana Agung Desa Adat Padangsambian, Banjar Pagutan Desa Adat Padangsambian. Bantuan juga diberikan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Unud,  DPP Peradah Provinsi Bali dan Paguyuban Sedulur Kediri Bali.

Rai Wirajaya yang merupakan Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini menyatakan bantuan sembako ini merupakan bentuk sinergi dirinya dengan BI Bali. Dari BI Bali memberikan 800 paket sembako dan ditambah bantuan pribadi dari Rai Wirajaya sebanyak 400 paket sembako.

"Kami harapkan bantuan 1.200 paket ini bisa bermanfaat. Kami ingin terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19," ucap Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali Rai Wirajaya usai penyerahan bantuan.

Rai Wirajaya yang juga Dewan Pertimbangan DPN Peradah Indonesia ini mengakui kasus Covid-19 di Bali mulai landai, namun kebutuhan masyarakat terhadap sambako tetap harus diperhatikan. Ia mengakui sebenarnya masih banyak permintaan bantuan tapi karena keterbatasan kemampuan sehingga secara perlahan bantuan sembako ini akan disalurkan kembali secara bertahap.

"Kami tidak mau terburu-buru di awal menyalurkan paket sembako karena kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Kami lakukan ini secara bertahap namun berkesinambungan untuk meringankan beban masyarakat. Kami tidak mau di awal grasa grusu apalagi cari perhatian publik," jelas politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini seraya mengajak masyarakat bersiap nanti menghadapi era New Normal dan menaati berbagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menerangkan bantuan sembako sampai saat ini masih dibutuhkan masyarakat dari berbagai pihak sampai pandemi Covid-19 berakhir. Trsno pun berharap berbagai pihak atau lembaga lain agar bersama-sama memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini membutuhkan.

"Dengan bantuan sembako ini, masyarakat paling tidak bisa bertahan sambil menunggu pelan-pelan New Normal," kata Trisno.

Sementara, Ketua DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan, S.IP.,M.IP., menyampaikan para penerima bantuan ini merupakan mereka yang membutuhkan dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Rai Wirajaya bersama BI Bali serta berharap lebih banyak pihak yang peduli sehingga bersama-sama meringankan beban masyarakat yang saat terdampak Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin yang juga Kalaksa  (Kepala Pelaksana) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Bali yang mengapresiasi kepedulian Rai Wirajaya bersama BI Bali dalam memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Seperti diberitakan Baliberkarya.com sebelumnya, Agung Rai Wirajaya (ARW) sebelumnya secara maraton juga terus bergerak melakukan safari kemanusiaan membantu menanggulangi dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 keliling Bali mulai pada Senin (27/4/2020) Rai Wirajaya bersama dengan KPw BI (Bank Indonesia) Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) juga menyerahkan bantuan APD seperti masker, sepatu boots, kacamata, wastafel ke Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Kemudian Agung Rai Wirajaya (ARW) juga membuktikan kepedulian sosial dengan menyerahkan bantuan masker, sembako, dan susu beruang di Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, pada Rabu (29/4/2020). Seolah tak mengenal lelah, Ia juga terjun ke Kabupaten Buleleng untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Buleleng yang terdampak Covid-19, Kamis (30/4/2020). Bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan sembako ini diserahkan bersama-sama dengan Kantor Perwakilan Wilayah BI Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali. 

Tak hanya itu, Rai Wirajaya juga terjun langsung ke 11 Banjar yang ada di Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar dengan memberikan bantuan 100 psc masker kepada masing-masing banjar yakni Banjar Gunung, Banjar Ben Biu, Banjar Batur, Banjar Saih, Banjar Paang Tebel, Banjar Pondok, Banjar Punduhkulit, Banjar Uma Desa, Banjar Belusung, Banjar Dualang dan Banjar Den Yeh.

Politisi PDI Perjuangan yang dikenal dermawan ini juga menyerahkan bantuan sembako kepada Perbekel Peguyangan Kaja. Aksi kepedulian sosial dan kemanusiaan menangani Covid-19 dilakukan bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar Wayan Sutama, relawan ARW serta relawan Sutama.

Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi para generasi muda, para STT (Sekaa Teruna Teruni) di masing-masing banjar yang turut berkontribusi melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Saat turun ke masyarakat, tak lupa Ia selalu mengingatkan dan mengajak generasi muda para STT di tiap banjar hingga juga Karang Taruna di tiap desa terus aktif ikut menjadi garda terdepan bersama Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat menangkal dan menangani wabah berbahaya ini.

Agung Rai Wirajaya juga mengapresiasi Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Peguyangan Denpasar yang setiap minggu rutin melakukan penyemprotan desinfektan dan memastikan pencegahan optimal. Menurutnya, meski Desa Adat Peguyangan belum ditetapkan sebagai jalur wajib masker namun merupakan jalan jalur penghubung Denpasar ke Badung, Tabanan, dan Buleleng, Agung Rai Wirajaya (ARW) menilai ketaatan dan kedisiplinan warga setempat dengan menggunakan masker atas kesadaran sendiri sudah sangat baik.

Sebagai wakil rakyat yang dipercaya warga, Agung Rai Wirajaya (ARW) menegaskan akan terus secara rutin memberikan bantuan dan terus bergerak di daerah lain di Bali membantu masyarakat terdampak Covid-19. Pada Selasa (12/5/2020) Rai Wirajaya bersama BI Bali menyerahkan bantuan berupa 1.300 paket sembako (berisi beras, minyak goreng gula, dan lainnya) serta 5.000 pcs masker kepada berbagai kelompok masyarakat di Denpasar dan sejumlah lembaga.

Bantuan diserahkan kepada MDA (Majelis Desa Adat) Bali, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bali, STAI Denpasar, PP Muhammadiyah Bali, Bendesa Adat Yang Batu, Desa Dangin Puri Kangin, Lingkungan Banjar Tegeh, dan Lingkungan Banjar Antap, Yayasan Lengis Bali, ACT Foundation Cabang Bali, dan Paguyuban Wathan Lamahala.

"Kami akan terus bergerak membantu masyarakat dan pemerintah. Semoga pandemi Covid-19 ini segara berakhir," tutup Agung Rai Wirajaya (ARW).(BB).