Pertahankan Eksistensi Pancasila, Togar Situmorang: Amalkan Nilai Pancasila, Indonesia Akan Berjaya?

  01 Juni 2020 TOKOH Denpasar

Advokat kondang dan pengamat kebijakan publik yang kerap dijuluki "Panglima Hukum" Togar Situmorang, S.H.,M.H., M.A.P.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Tepat pada hari ini tanggal 1 Juni bangsa Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila. Pertimbangan penetapan hari lahir Pancasila ialah untuk mengingat sejarah perjuangan para perumus Pancasila.

Selain itu, bangsa Indonesia dari waktu ke waktu, generasi-kegenerasi, dapat mengetahui asal usul Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Republik Indonesia sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Advokat kondang dan pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, S.H.,M.H., M.A.P., menegaskan peringatan Hari Lahir Pancasila ini tidak terlepas dari upaya untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan bagian dari proses pembelajaran yang terus-menerus untuk menghadapi permasalahan oleh bangsa Indonesia dikemudian hari,” kata Togar Situmorang yang kerap dijuluki "Panglima Hukum".

Advokat yang juga Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini memandang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2020 ini sedikit berbeda karena adanya permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. Seperti yang diketahui bangsa Indonesia sedang dilanda wabah virus Corona atau Covid-19 sehingga dikatakan sebagai bencana nasional non alam oleh Pemerintah.

Apalagi dari hari ke hari jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan di luar konteks penanganan virus itu sendiri.

“Pandemi Covid-19 ini merupakan cobaan yang harus dihadapi oleh bangsa kita. Tapi percayalah di balik kesusahan, kesulitan dan musibah apapun, sebagai bangsa yang berfalsafah Pancasila yang yakin pada Tuhan Yang Maha Kuasa, terbentang jalan menuju kemudahan, kebangkitan dan kejayaan,” jelas Togar Situmorang yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini.

Advokat yang dikenal segudang prestasi ini juga menegaskan semangat Pancasila sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa. Ia menyatakan dengan memperingati Hari Lahir Pancasila sebaiknya masyarakat Indonesia tetap mengamalkan butir-butir dari Pancasila.

Lima butir Pancasila adalah semangat kolektivitas yang menyeimbangkan nilai-nikai etika dalam tatanan bermasyarakat. Yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusian Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Pemusyawaratan dan Perwakilan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Kelima butir Pancasila tersebut harus benar-benar diimplementasikan di masyarakat,” tegas Togar Situmorang yang juga Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur ini.

Advokat kondang yang telah membuka kantor hukum di Ibukota DKI Jakarta dan memiliki motto “Melayani Bukan Dilayani” ini mengungkapkan seperti halnya menyambut hari lahir orang-orang yang dicintai, hari lahir Pancasila pula penting untuk diperingati. 

“Mungkin sulit untuk sepenuhinya dihayati, tapi paling tidak kita mengerti,” tegas advokat dermawan ini.

Advokat yang menerima penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satafactory Performance Of The Year ini juga mengingatkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan sekadar seremonial hormat bendera. Lelah berdiri di tengah lapangan bisa lebih dimaknai sebagai upaya terus mempertahankan eksistensi Pancasila.

Advokat senior yang terdaftar di dalam penghargaan 100 Advokat Hebat versi majalah Property&Bank dan penghargaan Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019 ini menilai beruntung bangsa Indonesia punya fondasi dari gempuran radikalisme, fundamentalisme, dan isme lain di masa depan sehingga rakyat dapat berlindung di bawah naungan lima sila dasar negara.

“Kami dari Law Firm TOGAR SITUMORANG mengucapkan Selamat Hari Lahirnya Pancasila. Mari jaga dan amalkan Pancasila dengan segenap jiwa raga,” tutup advokat Togar Situmorang Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon ( pusat ) dan cabang Denpasar, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, Cabang Jakarta terletak di Gedung Piccadilly Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Room 1003-1004, Jakarta Selatan.(BB).