Satu Warga Desa Dauh Puri Kelod Dinyatakan Positif Covid-19 Efek "Transmisi Lokal" 

  30 Mei 2020 PERISTIWA Denpasar

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar bertambah 1 orang. Pada Sabtu (30/5) tercatat 1 orang dinyatakan positif Covid-19. 

Pasien yang diketahui berjenis kelamin perempuan yang keseharianya bekerja sebagai wiraswasta ini berdomisili di Desa Dauh Puri Kelod, tertular akibat transmisi lokal.  Untuk mengindari penularan baru yang bersangkutan saat ini di rawat di RSUP Sanglah dalam kondisi yang stabil.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat konfirmasi membenarkan informasi adanya penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar.

“Tadi kami sudah mendapatkan laporan bahwa 1 orang dinyatakan positif Covid-1 akibat transmisi lokal, disamping itu  kasus OTG juga bertambah 7 orang, dan PDP juga bertambah  4 orang," jelasnya

Melihat perkembangan kasus  ini Dewa Rai tetap mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih menunjukan angka tren peningakatan. Selain kasus positif, keberadan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil tracking Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Desa/Lurah masih menjadi ancaman penularan baru untuk itu perlu  tetap meningkatkan kewaspadaan. 

Dengan bertambahnya kasus positif serta masih adanya orang yang berstatus  OTG, ODP dan PDP  masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah serta protokol kesehatan.

"Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai covid 19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar covid 19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain, karena kita tidak mengetahui siapa yang membawa virus atau tidak, untuk itulah diperlukan kesadaran, kejujuran dan disipilin semua pihak," kata Dewa Rai mewanti wanti. 

Lebih lanjut dijelaskan Dewa Rai, angka kasus  kumulatif kasus covid 19 di Kota Denpasar sebanyak 87 kasus positif. Rincianya adalah 62 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 23 orang masih dalam perawatan.

Sampai saat ini hasil tracking tim gugus tugas di Kota Denpasar secara kumulatif terdapat status Orang Tanpa Gejala (OTG) 573 kasus, namun 331 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 242 OTG. Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 308 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 258, sehingga masih tersisa 50 ODP. 

Sementara pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 70 kasus, namun 25 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani Swab Test, sehingga tersisa 45 yang berstatus PDP.(BB).