Dibanding Salmon‎, Ternyata "Ikan Kembung" Lebih Tinggi Kandungan Omega 3

Bantuan 1.000 paket ikan kembung ‎serangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020 dengan tema

Baliberkarya.com-Badung. Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar melaksanakan kegiatan "Bulan Mutu Karantina" dengan menyediakan makanan bergizi gratis kepada sejumlah warga. 

Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi BKIPM Kelas I Denpasar untuk mendukung penanggulangan agar bisa cepat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang selama dua bulan lebih meresahkan masyarakat di penjuru dunia, termasuk juga di Tanah Air.

Salah satunya makanan bergizi yang menjadi asupan nutrizi untuk menjaga kesehatan ditengah menghadapi virus berbahaya adalah dengan rutin mengkonsumsi ikan. Adapun ikan dengan kandungan omega 3 yang banyak dijumpai dengan harga terjangkau yaitu ikan kembung. 

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar, Anwar menyatakan dipilihnya ikan kembung dalam ajang "Bulan Mutu Karantina" ini karena ikan kembung kandungan omega 3 nya lebih tinggi daripada ikan salmon yang dikenal selama ini. 

"Ikan kembung yang kami bagikan ini jauh lebih tinggi kandungan omega 3 daripada ikan salmon yang harganya jauh lebih mahal. Apalagi ikan kembung banyak ada di Bali," kata Anwar usai penyerahan bantuan 1.000 paket ikan kembung serangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020 dengan tema "Ikan Sehat Bermutu untuk Menanggulangi Covid-19," kepada sejumlah kelompok masyarakat di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Selasa (19/5/2020).

Namun Anwar menyayangkan selama ini tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali minim dan masih di bawah Ambon dan Makassar. Untuk itu, Ia berharap kesadaran masyarakat makan ikan makin tinggi sebab ikan sangat penting menjaga kesehatan saat pandemi Covid-19 ini.

"Ke depan berdamai dengan Covid-19 dengan perbaikan kesehatan yakni dengan makan ikan," tegas Anwar.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini juga mengakui ikan kembung yang dibagikan ini sangat kaya omega 3 bahkan kandungan omega 3-nya lebih tinggi daripada ikan salmon. Menurutnya, di pasaran harga ikan kembung ini juga jauh lebih murah dari ikan Salmon yakni di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogram dibandingkan harga ikan salmon yang di atas Rp 200 ribu per kilogram.

"Ikan kembung ini kaya omega 3 jadi kami harapkan masyarakat bisa mengkonsumsi ikan kembung ini bagi keluarga," ungkap Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali yang akrab disapa Gus Adhi ini.

Melihat realita ini, ke depan Gus Adhi juga berencana menggandeng Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar dan ICA (Indonesia Chef Association) Bali untuk turun ke desa dan sekolah-sekolah memberikan edukasi pentingnya makan ikan yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan dengan evaluasi yang jelas.

"Kita wujudkan SDM unggul salah satunya gencarkan edukasi gemar makan ikan di sekolah," tegas Gus Adhi seraya mengaku pihaknya juga akan siap bersinergi dengan TNI.(BB).


TAGS :

Komentar