Lomba Karya Tulis Berhadiah Jutaan dari "Law Firm Togar Situmorang" Bagi Mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia

  14 Mei 2020 PENDIDIKAN Denpasar

Advokat Senior dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P. yang akrab disapa "Panglima Hukum"

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk menggapai gelar sarjana tidaklah mudah, perlu waktu, uang, kesempatan, dan tekad kuat dalam diri pribadi dimana cita-cita itu diraih. Begitu juga dengan keinginan yang begitu kuat pada diri Togar Situmorang, SH, MH, MAP, sejak dari 54 tahun yang lalu dia dilahirkan juga memiliki cita-cita.

Selain itu juga tak berlebihan jika sepanjang tahun 2019 lalu, Togar Situmorang meraih banyak penghargaan. Mulai dari masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank hingga meraih penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year. Bahkan Togar Situmorang tercatat sebagai salah satu advokat papan atas di Bali dan dijuluki Panglima Hukum ini terus berkibar di Pulau Dewata.

Mengingat amanah dari Undang-Undang Dasar 1945 yaitu untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai pengimplementasiannya, maka pria keturunan Medan yang meraih gelar Sarjana Hukum (S.1) di Undiknas itu mengadakan lomba pembuatan Karya Tulis Hukum khusus untuk mahasiswa Fakultas Hukum, mulai dari Semester V sampai dengan mahasiswa Pasca Sarjana (S.2) di Universitas se-Indonesia. Karena ada keinginan Togar Situmorang dalam beracara hingga kepedulian di bidang ilmu pengetahuan pada mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia.

“Disaat kita masih duduk di bangku SD atau mungkin juga TK pasti mempunyai cita-cita, dan tidak bisa kita pungkiri bila kita bertanya kepada seorang anak kecil, ‘Cita-citamu apa nak..?’ atau ‘Nanti kalau sudah besar mau jadi apa nak..?’. Maka dengan gapaian yang saya dapati sebagai rasa syukur, saya menggelar lomba karya tulis untuk Mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia,” papar Togar Situmorang yang mendapat Magister Administrasi Publik (MAP) dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), Denpasar, Bali tahun 2015.

Mengenai Lomba Karya Tulis ini, Law Firm Togar Situmorang bekerja sama dengan PT. Bali Global Service (BGS) yang dipimpin oleh Axl Mathew Situmorang, adapun ide ini muncul karena untuk mendorong minat para mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Hukum untuk membuat suatu karya tulis salah satunya berbentuk jurnal. 

“Karena saya melihat minat dari para mahasiswa ini sangat menurun padahal nantinya dia akan membuat suatu karya ilmiah yang lebih sulit yaitu skripsi atau tesis," ucap Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P., yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar.

Adapun kriteria dan informasi lomba ini, untuk mahasiswa fakultas hukum semester V sampai dengan Mahasiswa Pasca Sarjana S2 di Universitas se-Indonesia. Acara ini dibuka awal pendaftarannya dari tanggal 18 Mei sampai tanggal 18 Juni 2020.

Adapun waktu pengumpulan jurnal tanggal 27 Juni sampai tanggal 29 Juli 2020 dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 18 Agustus 2020 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Bapak Togar Situmorang. Karya Tulis dikirim melalui email Iktmfh.lawts@gmail.com.

"Apabila menang akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai untuk juara 1 sebesar dua juta Rupiah, juara 2 mendapatkan satu juta lima ratus ribu Rupiah serta juara 3 mendapatkan satu juta Rupiah," terang Togar Situmorang yang dikenal Panglima Hukum ini.

Adapun syarat penilaian menampilkan utility (bebas plagiat), judul menarik, permasalahan yang dibahas terkait hukum secara universal, menilai metode penelitian yang akan dipakai, dan kirim dalam bentuk PDF.

“Tujuan saya membuat acara ini adalah ingin meningkatkan gairah membaca dari para mahasiswa hukum juga menerima calon advokat yang mau gabung di Law Firm TOGAR SITUMORANG. Sebab kunci sukses mempelajari hukum adalah membaca, dan tanpa membaca kita akan mengalami kesulitan dalam menganalisis suatu kasus," ucap Togar Situmorang,SH,MH,MAP yang juga menjabat Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur.

Togar Situmorang lebih lanjut menambahkan, lomba ini sebagai bentuk motivasi, keinginan serta cita-cita yang semua orang ingin menggapainya. “Semoga melalui acara ini mahasiswa Fakultas Hukum tidak malas lagi dan lebih tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah dalam bentuk apapun serta bisa melatih pemikiran untuk membedah dan menganalisa suatu kasus maupun permasalahan yang ada di masyarakat," tutup Advokat Togar Situmorang,SH,MH,MAP.. Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon ( pusat ) dan cabang Denpasar, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, Cabang Jakarta terletak di Gedung Piccadilly Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Room 1003-1004, Jakarta Selatan.(BB).