Rawat Rasa Kemanusian, Rai Wirajaya Bersama BI Serahkan Bantuan 1.300 Sembako dan 5.000 Masker

  12 Mei 2020 TOKOH Denpasar

Agung Rai Wirajaya bersama Kepala Kantor KPW BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan paket sembako dan masker kepada sejumlah pihak di KPw BI Provinsi Bali, Selasa (12/5/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan bantuan berupa 1.300 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng gula, dan lainnya serta 5.000 psc masker kepada berbagai kelompok masyarakat di Denpasar dan sejumlah lembaga lainya.

Bantuan kemanusiaan ini diserahkan Kepala KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Kantor KPw BI Provinsi Bali, Selasa (12/5/2020). Progam bantuan ini merupakan bagian dari "Dedikasi untuk Negeri Program Sosial Bank Indonesia Penanganan Covid-19."

Bantuan kali ini diserahkan kesejumlah pihak seperti MDA (Majelis Desa Adat) Bali, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bali, STAI Denpasar, PP Muhammadiyah Bali, Bendesa Adat Yang Batu, Desa Dangin Puri Kangin, Lingkungan Banjar Tegeh, dan Lingkungan Banjar Antap, Yayasan Lengis Bali, ACT Foundation Cabang Bali, dan Paguyuban Wathan Lamahala. 

Dalam penyerahan bantuan ini juga dihadiri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra, Kepala Ombudsman Perwakilan (ORI) Provinsi Bali Umar Ibnu Khatab, dan lainnya.

Kepala KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian BI kepada masyarakat terdampak pandemi virus. Pihaknya juga mengapresiasi penanganan Covid-19 di Bali terbaik se-Indonesia. 

"Semoga bantuan ini bisa dibagi dengan baik. Semoga kita bisa terus bertahan menghadapi Covid-19 dan segera keluar dari Covid-19. Kita harap Bali bisa segera keluar dari Covid-19," kata Trisno Nugroho.

Menurutnya, saat ini mau tidak mau kita mesti hidup berdampingan dan berdamai dengan Covid-19 selama belum ditemukan vaksin dan obatnya. Baik itu dengan menerapkan physical distancing, pakai masker, pola hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan dan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Trisno Nugroho juga mengajak masyarakat Denpasar bersinergi mendukung penerapan PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) non PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) di Denpasar sehingga mata rantai penyebaran virus Covid-19 dapat diputus.

Sementara, Anggota DPR RI yang terpilih empat periode berturut-turut yakni I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi bantuan yang digelontorkan KPw BI Provinsi Bali dan berharap jumlah bantuan bisa terus ditingkatkan.

"Rasa kemanusian harus terus kita rawat. Semoga dalam satu minggu ke depan di Bali tidak ada bertambah kasus positif Covid-19 baru, tapi yang bertambah yang sembuh," harap Anggota DPR RI Komisi XI ini.

Selain itu, dalam pidatonya politisi senior PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini juga mengajak semua pihak mendukung dan menyukseskan PKM di Denpasar yang mulai berlaku efektif 15 Mei 2020 ini.

"Mari saling bersatu padu, saling jaga, gotong royong agar kita kuat menghadapi Covid-19," ajak Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini. 

Seperti diberitakan Baliberkarya.com sebelumnya, Agung Rai Wirajaya (ARW) sebelumnya secara maraton juga terus bergerak melakukan safari kemanusiaan membantu menanggulangi dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 keliling Bali mulai pada Senin (27/4/2020) Rai Wirajaya bersama dengan KPw BI (Bank Indonesia) Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) juga menyerahkan bantuan APD seperti masker, sepatu boots, kacamata, wastafel ke Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Kemudian Agung Rai Wirajaya (ARW) juga membuktikan kepedulian sosial dengan menyerahkan bantuan masker, sembako, dan susu beruang di Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, pada Rabu (29/4/2020). 

Seolah tak mengenal lelah, Ia juga terjun ke Kabupaten Buleleng untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Buleleng yang terdampak Covid-19, Kamis (30/4/2020). Bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan sembako ini diserahkan bersama-sama dengan Kantor Perwakilan Wilayah BI Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali. 

Tak hanya itu, Rai Wirajaya juga terjun langsung ke 11 Banjar yang ada di Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar dengan memberikan bantuan 100 psc masker kepada masing-masing banjar yakni Banjar Gunung, Banjar Ben Biu, Banjar Batur, Banjar Saih, Banjar Paang Tebel, Banjar Pondok, Banjar Punduhkulit, Banjar Uma Desa, Banjar Belusung, Banjar Dualang dan Banjar Den Yeh.

Politisi PDI Perjuangan yang dikenal dermawan ini juga menyerahkan bantuan sembako kepada Perbekel Peguyangan Kaja. Aksi kepedulian sosial dan kemanusiaan menangani Covid-19 dilakukan bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar Wayan Sutama, relawan ARW serta relawan Sutama.

Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi para generasi muda, para STT (Sekaa Teruna Teruni) di masing-masing banjar yang turut berkontribusi melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Saat turun ke masyarakat, tak lupa Ia selalu mengingatkan dan mengajak generasi muda para STT di tiap banjar hingga juga Karang Taruna di tiap desa terus aktif ikut menjadi garda terdepan bersama Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat menangkal dan menangani wabah berbahaya ini.

Agung Rai Wirajaya juga mengapresiasi Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Peguyangan Denpasar yang setiap minggu rutin melakukan penyemprotan desinfektan dan memastikan pencegahan optimal. Menurutnya, meski Desa Adat Peguyangan belum ditetapkan sebagai jalur wajib masker namun merupakan jalan jalur penghubung Denpasar ke Badung, Tabanan, dan Buleleng, Agung Rai Wirajaya (ARW) menilai ketaatan dan kedisiplinan warga setempat dengan menggunakan masker atas kesadaran sendiri sudah sangat baik.

Sebagai wakil rakyat yang dipercaya warga, Agung Rai Wirajaya (ARW) menegaskan akan terus secara rutin memberikan bantuan dan terus bergerak di daerah lain di Bali membantu masyarakat terdampak Covid-19.

"Kami akan terus bergerak membantu masyarakat dan pemerintah. Semoga pandemi Covid-19 ini segara berakhir," tutup Agung Rai Wirajaya (ARW).(BB).