Jaga Ketahanan Pangan, Tamba Bagikan 1000 Paket Bibit Tanaman Ajak Warga Berkebun Manfaatkan Pekarangan Rumah? ?

  10 Mei 2020 TOKOH Jembrana

Ketua Relawan Jembrana Kembali Jaya (JKJ) I Nengah Tamba ajak warga Jembrana menjaga ketahanan pangan dengan membagikan ribuan bibit tanaman

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang penyebarannya semakin meluas di tengah masyarakat meluluhlantakan sendi perekonomian diberbagai sektor. 

Saat wabah seperti saat ini, ketahanan pangan menjadi hal utama dan sangat penting ditengah merosotnya perekonomian yang berdampak dalam hal pemenuhan bahan pangan sehari-hari, akibat terbatasnya para pekerja maupun pelaku usaha serta masyarakat yang melakukan aktivitas seperti himbauan pemerintah.

Untuk itu, Ketua Relawan Jembrana Kembali Jaya (JKJ) I Nengah Tamba yang memiliki program khusus menjaga ketahanan pangan kini mengajak warga Jembrana agar ikut gerakan berkebun memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing.

Mantan anggota DPRD Bali dari Partai Demokrat ini mengakui selama ini relawan JKJ melaksanakan kegiatan kemanusiaan seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker, hand sanitizer dan sembako, kini program JKJ lebih mengarah pada ketahanan pangan.

"Mari kita manfaatkan waktu di rumah, manfaatkan lahan pekarangan untuk menanam kebutuhan pangan sehari-hari sebagai upaya ketahanan pangan," kata Nengah Tamba disela-sela pembagian paket bibit tanaman kepada warga Jembrana, Minggu, 10 Mei 2020.

Sebagai salah satu kandidat kuat sebagai Bakal Calon Bupati Jembrana, Nengah Tamba menyebut pembagian paket sembako dan paket ketahanan pangan di Banjar Warnasari Kelod, Desa Wanasari, Melaya, Jembrana seperti bibit bunga Gumitir 10 pohon, Sayur hijau 200 benih, Kangkung 500 benih, Cabai 10 pohon, Terong 10 pohon, Polyback 1 kg (40 buah) dan Pupuk kompos 1 kg.

"Saya berharap, dari 1 paket ini,  jika ditanam dengan baik, bunga gumitir hasilnya bisa dijual sedangkan cabe dan sayur-sayur, selain bisa dijual juga untuk dikonsumsi sehari-hari, " jelas Nengah Tamba seraya menyebut Relawan JKJ akan membagikan 1.000 paket secara bertahap untuk seluruh wilayah Jembrana.(BB).