Serahkan Bantuan, PDIP Denpasar Optimalkan Tiga Bidang "Inti Bakti Sosial" Atasi Covid-19

Ketua Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar Gusti Ngurah Gede dan jajaran menyerahkan bantuan kepada ranting PDI Perjuangan se-Kota Denpasar di Denpasar, Jumat sore (8/5/2020) untuk selanjutnya disalurkan ke warga

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk mengatasi pandemi virus Corona atau Covid-19 serta membantu masyarakat yang terdampak virus berbahaya, DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar melakukan aksi kemanusiaan membantu masyarakat dengan merapatkan kekuatan dan barisan hingga ke tingkat ranting didesa dan anak ranting disetiap banjar untuk menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan masyarakat.

Untuk melawan pandemi Covid-19 ini Partai berlambang banteng bermoncong putih di Kota Denpasar menggerakkan kadernya untuk turun ke masyarakat. Untuk berperang melawan virus meresahkan tersebut, DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar membekali para kadernya dengan 50 liter cairan desinfektan, 1.200 pcs masker, hand sanitizer, dan dana konsumsi sebesar 1 juta rupiah kepada 43 ranting PDI Perjuangan untuk selanjutnya disalurkan ke masyarakat.

Bantuan ini diserahkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede (Turah Gede) didampingi Sekretaris Kadek Agus Arya Wibawa, dan Bendahara Ketut Suteja Kumara, di Sekretariat bersama DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, Jumat sore (8/5/2020).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede yang akrab disapa Turah Gede menyatakan gerakan bakti sosial kemanusiaan yang dilakukan kader PDI Perjuangan Kota Denpasar ini mulai dari cabang hingga ke anak ranting diharapkan bisa membantu masyarakat dan mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Tolong gerakan ini agar diatur dengan baik dan di komunikasikan dengan desa adat, dinas dan satgas gotong royong sehingga kegiatan ini bisa nyambung. Kerjasama yang baik semua pihak hingga ranting, anak ranting agar kita bisa sama-sama segera memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini," pinta Turah Gede usai rapat koordinasi untuk memantapkan pelaksanaan gerakan bakti sosial kemanusiaan Covid-19 yang dihadiri kader dan petugas partai di legislatif Kota Denpasar.

Turah Gede yang juga Ketua DPRD Kota Denpasar menegaskan bantuan yang diserahkan ini merupakan donasi swadaya dari kader partai dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar. Ia menginstruksikan seluruh jajaran ranting dan anak ranting PDI Perjuangan Kota Denpasar agar terus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan Satgas Covid-19 di Desa Adat hingga di tingkat banjar atau lingkungan.

"Selain diawasi PAC di masing-masing kecamatan, saya minta peran teman-teman Fraksi (PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar) ikut turun dan pantau aksi bakti sosial di tiap desa/kelurahan," tegas Turah Gede.

Turah Gede yang digadang-gadang sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Denpasar mendampingi IGN Jaya Negara pada Pilwali Denpasar mendatang juga meminta pengurus dan kader PDI Perjuangan hingga di tingkat anak ranting agar terus mengedukasi masyarakat sehingga menjalankan berbagai himbauan pemerintah dengan baik dan displin.

"Berikan sosialisasi masyarakat di banjar agar ikuti imbauan pemerintah. Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak, jangan berkerumun, jaga kedisiplinan diri, jaga kebersihan dan kesehatan dengan rajin cuci tangan," terang Turah Gede.

Sementara, Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara menegaskan bakti sosial penanganan Covid-19 ini murni gerakan kemanusiaan dari hati sehingga akan terus berlanjut dan tidak hanya berakhir hari ini saja. ujar Suteja Kumara yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar. Ia mengaku, kader banteng moncong putih Kota Denpasar sudah sering turun bersama masyarakat melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan desinfektan di wilayahnya masing-masing, termasuk pembagian sembako dan juga Alat Pelindung Diri (APD).

"Program Satgas Covid PDI Perjuangan ini tujuannya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Nantinya ranting bersinergi dengan satgas gotong royong desa/kelurahan untuk melakukan upaya percepatan penanganan covid-19," terangnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar ini mengungkapkan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar akan mengoptimalkan tiga bidang inti bakti sosial penanganan Covid-19 ini. Pertama, Bidang Sosialisasi, Edukasi, Publikasi. Harapannya agar mampu memberikan pemahaman pada masyarakat mengenai pencegahan penularan Covid-19. Kedua, Bidang Logistik dan Jaring Pengaman Sosial. 

"Hal ini juga dilakukan melalui sinergi dengan berbagai pihak menjaring donasi atau bantuan untuk kemudian disalurkan kepada warga," tegas Suteja Kumara.

Ketiga, Bidang Bangun Aksi Lapangan. Ini melibatkan seluruh kader, pengurus PAC, ranting hingga anak ranting untuk bergerak bersama sama membantu warga dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menurutnya, selain aksi sosial tersebut, Satgas Covid PDI Perjuangan Kota Denpasar juga berencana melancarkan aksi sosial kemanusiaan berupa jejaring pengaman sosial dalam bentuk bantuan sembako.

"Kami akan mengoptimalkan jaring pengaman sosial untuk bagikan sembako kepada masyarakat. Kami sedang siapkan rancang bangun dan skemanya. DPC PDI Perjuangan saat ini fokus membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 khususnya di Kota Denpasar," ucap Suteja Kumara yang juga Ketua Satgas Gotong Royong Covid-19 PDI Perjuangan Kota Denpasar.

Terkait tanggapannya tentang kebijakan Pemkot Denpasar yang akan menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PMK) Non PSBB, Suteja Kumara menyatakan dukungannya dan kebijakan tersebut kini sedang disiapkan Perwali dan menunggu persetujuan Gubernur Bali.

"Sepanjang itu tujuannya positif dalam rangka memutus Covid-19 agar tak meluas lagi penyebarannya, tentu kami dukung. Kebijakan itu juga harus dipertajam lagi, jadi semuanya harus dihitung dengan cermat," harap Suteja Kumara menyudahi.(BB).


TAGS :

Komentar