Warga Sedang Susah, Supadma Rudana Harap Pemerintah "Segera Cairkan" Bantuan Langsung Tunai

  22 April 2020 TOKOH Denpasar

Putu Supadma Rudana (PSR) harap jangan berpolemik dan memberi contoh sumbangkan seluruh gajinya setiap bulan untuk dibelikan sembako, masker, dan desinfektan bantu warga

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Putu Supadma Rudana, MBA mengajak semua pihak saling bahu membahu serta bergotong royong dalam membantu warga yang kini terdampak virus Corona atau Covid-19. Ajakannya bukan hanya jempol semata, karena Putu Supadma Rudana yang akrab juga disapa PSR itu terlebih dahulu memberi contoh dengan menyumbangkan seluruh gajinya setiap bulan di DPR RI untuk dibelikan sembako, masker, dan memyemprot desinfektan disejumlah wilayah di Bali.

Putu Supadma Rudana yang kembali dipercaya dan diberi jabatan prestisius sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat bersama sembilan kader senior lainnya oleh Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) itu bersama dengan Relawan "Semeton PSR Menyama Braya" membuktikan komitmennya tidak main-main dengan terus bergerak di seluruh Bali membantu warga dalam pencegahan dan penanganan virus Corona atau Covid-19. 

Bahkan, Supadma Rudana yang merupakan Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi industri, perdagangan dan BUMN ini tak tanggung-tanggung dalam membantu warga namun langkah nyata membantu warga secara kontinyu setiap bulan sebagai bukti dirinya "Sing Main-main" turun langsung membantu masyarakat dan bukan hanya datang disaat membutuhkan suara semata.

"Gaji saya dari awal tahun sampai bulan April ini hingga beberapa bulan kedepan saya sumbangkan dalam bentuk barang. Bahkan kadang gaji saya kurang untuk membantu, tapi saya berusaha sumbangkan dan belikan sembako dan membuat masker, maupun desinfektan untuk dibagikan ke masyarakat," ucap Anggota Fraksi Demokrat DPR RI yang kembali terpilih selama dua periode ini kepada awak media di Denpasar, Rabu (22/4/2020).

Untuk itu, Supadma Rudana yang kembali terpilih selama dua periode sebagai Anggota Fraksi Demokrat DPR RI ini mendorong pemerintah dan berharap pemerintah baik pusat maupun daerah segera dan langsung memberikan masyarakat BLT (Bantuan Langsung Tunai) dengan segera. BLT segera kepada masyarakat apalagi dampak Virus Corona ini sudah luar biasa parah diberbagai tempat dan berbagai desa di Bali. 

"Bantuan sembago langsung kucurkan ke masyarakat. Jangan berpolemik lagi, jangan membuat diskusi-diskusi lagi yang tidak penting. Tapi langsung konkret langsung turun kebawah. Berikan kontribusi keberbagai tempat," harap Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen ini.

Supadma Rudana yang juga menjabat sebagai Ketua Program dari Yayasan Seni Rupa Indonesia juga berharap pemerintah dalam pembahasan bantuan tidak terlalu berlama-lama. Ia inginkan aksi nyata pemerintah dan jangan berwacana, tapi konkrit memberikan bantuan ke masyarakat yang kini sedang kesusahan dan membutuhkan uluran tangan semua pihak.

"Rakyat tidak bisa menunggu lama karena bantuan sembako dan lainnya agar segera diturunkan ke masyarakat. Jangan sibuk berpolemik, tapi langsung turunkan dan salurkan bantuan ke masyarakat. Turunkan bantuan ke desa-desa dan banjar-banjar ke masyarakat khususnya yang kurang mampu," harapnya kembali.

Putra mantan Anggota DPD RI Dapil Bali, Nyoman Rudana pihaknya juga fokus bagaimana realokasi anggaran dan mempertanyakan dari sisi pengawasan, apakah tepat sasaran, tepat manfaat dan berfungsi membantu masyarakat. Baginya, Pemerintah harusnya fokus terhdap tiga hal yakni BLT (Bantuan Langsung Tunai), bantuan kebutuhan pokok sembako, dan memberikan relaksasi sistem kredit di Perbankan sehingga masyarakat tidak terbebani masalah yang lebih besar lagi. 

"Kita selalu arahnya tentang penanganan Covid-19, kalau masih pembahasan RUU maka kami terus akan tolak, jadi jelas kami tegas. Kami memiliki rekan-rekan di Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi XI yang membahas keuangan. Kami fokus membahas hal itu, tentu kami ingin betul-betul semua realokasi anggaran ini betul-betul untuk membantu masyarakat luas," terangnya.

Supadma Rudana yang juga penggiat budaya dan menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia juga berharap dan mendorong pemerintah segera action nyata dirasakan masyarakat serta jangan sampai ada PHK diberbagai tempat. 

"Saya akan terus memberi kontribusi kepada masyarakat sampai kondisinya membaik seperti sediakala," tegas Supadma Rudana yang pernah bertugas di Komisi X DPR RI bidang pendidikan, pariwisata, pemuda dan olahraga ini mengakhiri.(BB).