LPD Bitera Siapkan 6,5 Ton Beras, Dipastikan Seluruh Krama Dapat

  21 April 2020 PERISTIWA Gianyar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Gejolak di Desa Adat Bitera, Gianyar terkait bantuan sosial yang akan diberikan LPD Bitera akhirnya menemukan titik terang. Pasalnya tuntutan masyarakat agar LPD memberikan bantuan berbentuk sembako akhirnya disanggupi Ketua LPD Desa Adat Bitera, I Nyoman Wira Wijaya, Senin (20/4/2020) malam.

Dalam rapat mendadak yang diinisiasi Bendesa Adat Bitera Nyoman Sumantra, Ketua LPD menyanggupi untuk memberikan beras kepada 1.313 KK. 

Keputusan itu diambil setelah para klian di Desa Adat Bitera bersama prajuru, saba dan kerta menyampaikan bahasa serupa meminta LPD Desa Adat Bitera memberikan bantuan sosial dalam bentuk sembako.

Setelah dihitung-hitung dari pos anggaran yang ada, LPD Desa Adat Bitera mampu menyumbangkan beras mencapai 6.565 kg kepada 1.313 kepala keluarga.

Dengan jumlah tersebut seluruh krama bisa mendapatkan bantuan beras dari LPD Bitera tanpa terkecuali. Terkait sistem pembagiannya, Nyoman Sumantra menyebut tidak ada perbedaan si kaya dan si miskin. Semua dibagikan merata.

"Diratakan seluruhnya dapat, karena LPD ini milik seluruh krama Desa Adat Bitera," jelasnya usai melaksanakan rapat yang dimulai pukul 20.00 wita itu.

Dengan pembagian secara merata ini setiap KK akan mendapatkan satu karung beras dengan berat 5 kg. 

Meski rapat tersebut tidak dihadiri anggota pengawas Prof Ketut Puja dan Dewa Putu Raka Sugiantara, keputusan tersebut dinyatakan sah. 

Mengingat Bendesa Adat Bitera yang merupakan ketua pengawas sekaligus perwakilan masyarakat Desa Adat Bitera telah hadir didampingi prajuru, saba, kerta serta klian seDesa Adat Bitera.

Ketidakhadiran kedua pengawas ini disebutkan karena kepentingan masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan.

Terkait pengadaan beras, Ketua Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Bitera Ketut Sulatra mengungkapkan pihaknya akan mencari beras dengan kualitas terbaik.

"Yang terpenting kualitasnya bagus. Ketua LPD sudah setuju jadi mulai besok kita langsung mencari suplayer berasnya," sebutnya.

Terkait dengan pembagian secara merata, pihaknya meminta hal ini jangan diperdebatkan. Mengingat dampak dari penyebaran virus Corona ini sudah dirasakan semua masyarakat Desa Adat Bitera.

Meski begitu Satgas tetap terbuka bila ada warganya yang merasa mampu dan mengembalikan beras sumbangan tersebut. Nantinya beras yang dikembalikan ini akan diberikan kepada masyarakat yang memang benar-benar kesusahan. (BB)