Token Listrik Gratis Bagi Pelanggan Rumah Tangga, Berikut Mekanisme Pengambilannya

  17 April 2020 EKONOMI Denpasar

Sebanyak 468.176 pelanggan rumah tangga subsidi terima stimulus Covid-19 dari PLN

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk memberikan keringanan pada masyarakat, pada bulan April hingga Juni terdapat 468.176 pelanggan rumah tangga subsidi yang menerima stimulus Covid-19 di Bali. Pemberian subsidi ini dilakukan sesuai dengan Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Langkah PLN ini untuk mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA yang berlaku mulai bulan April, Mei dan Juni.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali Made Arya dalam keterangannya di Denpasar, Jumat (17/4/2020) menyatakan stimulus berupa listrik gratis untuk daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga subsidi daya 900 VA. Menurutnya, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. 

"Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id," kata Made Arya.

Dengan ID tersebut, lanjut Made Arya, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Untuk pengguna listrik prabayar dapat mengakses token listrik melalui website PLN dan Whatsapp (WA). 

Diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

 

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

Pelanggan PLN juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan PLN akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.(BB).