Bukti Peduli Warga, Gus Cilik "Door to Door" Semprotkan Disinfektan Basmi Virus Corona

Baliberkarya

Baliberkarya.com-Denpasar. Aksi nyata membantu masyarakat dan mendukung pemerintah memutus rantai penyebaran dan penularan virus Corona jenis baru atau Covid-19 dilakukan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Denpasar Anak Agung Ketut Asmara Putra atau yang akrab disapa Gus Cilik.

 

Gus Cilik bersama tim relawan, kader Demokrat berbaur dengan warga secara "door to door" (dari rumah ke rumah) pada Kamis (2/3/2020) melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan membagikan masker di Kelurahan Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. 

 

Selain Gus Cilik dan tim relawan serta para kader Demokrat, tampak dihadiri pula Relawan Semeton Supadma Rudana (kelompok relawan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat dapil Bali Putu Supadma Rudana) juga tak tinggal diam juga ikut bergerak membagikan masker kepada warga sekitar.

 

Kali ini, aksi nyata Gus Cilik secara bertahap melakukan penyemprotan disinfektan menyasar seluruh tempat di Kelurahan Padangsambian Denpasar. Aksi penyemprotan disinfektan itu dilakukan mulai dari balai banjar seperti Balai Banjar Buana Agung, Balai Banjar Buana Desa, serta Balai Desa Pakraman Padangsambian. Tak ketinggalan sekolah juga disemprot seperti dilakukan di SDN 10 Padangsambian, dan SDN 11 Padangsambian. 

 

Penyemprotan disinfektan ini dilanjutkan Gus Cilik bersama tim di fasilitas umum lainnya seperti pasar kelurahan Padangsambian. Bahkan, Gus Cilik dan relawan juga bergerak secara "door to door" ke rumah warga melakukan penyemprotan disinfektan untuk memastikan tidak ada virus Corona yang menempel di sekitar rumah warga di Padangsambian. 

 

Gus Cilik yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini mengaku aksi penyemprotan disinfektan dan membagikan masker ini sebagai  bentuk kepedulian dan komitmen dirinya bersama kader Demokrat bersama perang melawan wabah virus Corona atau Covid-19 di Bali.

 

"Ini tugas kita bersama bagaimana memutus mata rantai penularan virus Corona ini bisa lebih cepat dan kesehatan masyarakat kita yang lebih utama," ucap Gus Cilik usai melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan masker di sejumlah tempat di Kelurahan Padangsambian Denpasar.

 

Baginya, aksi nyata ini merupakan tanggung jawabnya selaku wakil rakyat untuk terus selalu mengawal aspirasi, memperjuangkan kepentingan masyarakat, hingga membantu masyarakat dalam situasi sulit dan emergency akibat pandemi Covid-19 ini.

 

"Ingat, saya tidak datang hanya saat Pemilu saja. Tapi selalu hadir saat dibutuhkan masyarakat sehingga saya kembali dipercaya masyarakat. Dan apapun risikonya kita turun ke masyarakat menjaga kesehatan dan meringankan beban mereka," ungkap Gus Cilik.

 

Gus Cilik yang juga Ketua Paguyuban Padangsambian Bersatu ini juga mengungkapkan apa yang dilakukannya saat ini juga untuk menjalankan instruksi Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) dan Ketua Fraksi Demokrat DPR RI Eddy Baskoro Yudhoyono (EBY). Menurutnya, seluruh kader, anggota fraksi di DPR RI diintruksikan agar turun membantu masyarakat ke dapil masing-masing agar berperan aktif menanggulangi wabah Covid-19.

 

Gus Cilik mengatakan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker secara door to door sudah ia lakukan sejak 10 hari lalu. Dan hampir setiap hari bergiliran penyemprotan disinfektan dilakukan secara bertahap. Ia menargetkan menyiapkan hingga 100 ribu liter cairan disinfektan yang dibuat sendiri dengan bantuan dari rekannya yang seorang ahli kimia. 

 

Ia mengakui saat ini baru sebagian di wilayah Padangsambian dilakukan penyemprotan disinfektan dan akan dilanjutkan ke perumahan, sekolah-sekolah dan fasilitas umum lainnya sehingga target seluruh Padangsambian mendapatkan penyemprotan disinfektan. 

 

"Untuk 10 hari ke depan kita siapkan cairan desinfektan minimal 10 ribu liter. Kami siapkan nanti total sampai 100 ribu liter. Kami gandeng ahli kimia buat sendiri cairan disinfektan agar takarannya pas, benar bermanfaat mematikan virus Corona," kata Gus Cilik.

 

Tak lupa, Ia mengajak segenap elemen masyarakat untuk terus berjuang bersama-sama secara gotong royong mencegah dan menanggulangi pandemi virus Corona sehingga bisa memutus mata rantai penularan virus yang menghantui masyarakat di seluruh dunia tersebut.

 

"Jangan lelah berjuang bahu membahu melawan virus Corona. Jangan hanya mengandalkan pemerintah. Kita juga bisa bantu sumbang APD untuk tenaga medis yang saat ini menjadi garda terdepan merawat pasien positif Corona. Kalau tidak tenaga medis tidak kita utamakan bagaimana bisa merawat masyarakat," ajak Gus Cilik.

 

Tak kalah penting, lanjut Gus Cilik, ia pun mengingatkan masyarakat agar tetap taat dan disiplin menjalankan himbauan pemerintah melakukan jaga jarak (physical distancing). Gus Cilik pun mengajak masyarakat agar mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang serta menjaga pola hidup sehat. 

 

Melihat situasi saat ini, Gus Cilik juga berharap masyarakat tetap bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, serta menghindari kerumunan dan meminta masyarakat tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan penting yang mendesak. 

 

"Terapkan pola hidup bersih serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kedisiplinan kita bersama menjalankan semua himbauan pemerintah untuk melawan virus Corona," pesan Gus Cilik mengakhiri.(BB).


TAGS :

Komentar