Virus Corona Tak Bisa Ditangani Spiritual, Lolak: 'De Bengkung', Ikuti Aturan Pemerintah‎

Baliberkarya

Baliberkarya.com-Denpasar. Setelah sebelumnya mengimbau agar pada Nyepi tahun ini tidak terjadi gelombang mudik besar-besaran sebagaimana tahun-tahun sebelumnya sehingga pergerakan orang untuk bepergian ditahan dulu selama masa wabah virus Corona, kali ini Ketua DPD Hanura Bali Kadek Arimbawa berharap masyarakat mengikuti imbauan pemerintah agar menghindari berkerumun atau keramaian serta untuk sementara waktu agar berdiam diri dirumah. 


"Intinya ‘de bengkung’ (jangan bandel). Virus Corona ini tidak akan menyebar kalau masyarakat mengikuti aturan Pemerintah," pinta Kadek Arimbawa disela aksi sosial membagikan puluhan ribu masker ke sejumlah rumah sakit dan warga di Denpasar, Senin 23 Maret 2020.


Politisi yang akrab disapa Lolak itu memandang potensi penyebaran virus Corona jenis baru atau Covid-19 ini cukup besar di Bali, sebab banyak kegiatan upacara besar di Bali yang melibatkan banyak warga. Baginya, kalau masyarakat masih "bengkung" maka virus Corona akan semakin menyebar makin keras di Bali.


"Nah pokoknya 'de bengkung (jangan bandel). Sekarang ini prosesi adatnya tinggi sekali dan kita saking percayanya, kalau percaya dengan Sang Hyang Widhi Wasa mana mungkin virus Corona tidak akan terjadi di Bali khan. Virus ini khan tidak bisa kita tangani secara spiritual, tetapi secara teknis medis yang perlu kita lakukan," tegas Lolak.


Terkait aksi sosial pembagian puluhan ribu masker ke sejumlah rumah sakit dan warga, Seniman yang sering ngayah didampingi istrinya artis pop Bali "Dek Ulik" ini mengaku aksi sosial akan terus dilakukan dan melibatkan semua jajaran DPC Hanura. 


"Aksi sosial ini akan rutin kita lakukan. Kita akan gotong royong adakan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap DPC," tutup Anggota DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini.(BB).


TAGS :

Komentar