Cedera, Turis Ukraina Terhempas Ombak di Pantai Kelingking

  07 Maret 2020 PERISTIWA Klungkung

Humas SAR Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Hendak menikmati keindahan  Pantai Kelingking, Nusa Penida, seorang warga asing alami nasib buruk. Valeriia Kozyr (35) asal Ukraina terkena cidera kaki ketika dihempas ombak, Sabtu (7/3/2020) sekitar pukul 11.00 Wita. Rupanya Valeriia hilang keseimbangan saat berdiri di bebatuan pinggir pantai. 
 
 
Ia tergulung ombak dan tidak mampu berenang menyelamatkan diri. Beruntung teman-teman korban sigap dan segera membantunya ke daratan. Korban mengeluhkan sakit pada bagian kaki dan selanjutnya meminta bantuan evakuasi.
 
Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi kejadian tersebut sekitar pukul 13.10 Wita dari koordinator Pos Unit Siaga SAR Nusa Penida. "Laporan segera direspon dengan menggerakkan 4 personil menuju Pantai Kelingking menggunakan speedboat," jelas Gede Daramada, S.E., M.AP. Kepala Kantor Basarnas Bali. Disaat bersamaan tim terus berkoordinasi dengan pihak Polsek, Balawista Nusa Penida, dan Babhinkamtibmas Desa Bunga Mekar. 
 
 
"Akses daratnya untuk naik ke atas tebing sempit dan beresiko maka diputuskan proses evakuasi melalui laut," ungkapnya.
 
Speedboat Ocean Drive juga menuju lokasi dan membawa tenaga medis. Setibanya di tempat tersebut, korban mendapatkan pertolongan pertama oleh tim medis. Darmada mengatakan bahwa korban ditangani terlebih dahulu sebelum dievakuasi. "Kaki yang cidera dibidai terlebih dahulu guna mengurangi pergerakan pada bagian tersebut, menjaga cideranya tidak bertambah parah," tuturnya. 
 
Akhirnya pada pukul 14.50  Wita korban berhasil dievakuasi selanjutnya dibawa menuju Dermaga Toya Pakeh dengan menggunakan speedboat Ocean Drive. Penanganan medis lebih lanjut akan dilakukan di Klinik Nusa Medical Center. (BB)