Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Jaga Ekosistem Alam, Forum Peduli Mangrove Bersihkan Sampah Plastik di Tahura Ngurah Rai

  22 Februari 2020 SOSIAL & BUDAYA Badung

FPMB for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Forum Peduli Mangrove Bali (FPMB) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap alam yang ditunjukkan dengan langkah nyata. Kali ini, Forum Peduli Mangrove Bali bersama 5 organisasi lingkungan lainnya yaitu Mangrove Mob.Bali, Seasoldier Bali, Plastic Bank, Ripcurl School Of Surf Bali dan Mons.Bali menggelar aksi bersama.
 
 
Aksi bersama untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Pebruari 2020 itu mereka lakukan dengan membersihkan sampah plastik di Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai Suwung Kauh Denpasar dan Pantai Telaga Waja, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung.
 
 
Humas Forum Peduli Mangrove Bali (FPMB) Lanang Sudira menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Hutan Mangrove di Bali. Mengingat Hutan Mangrove sebagai "Sang Penyerap Karbon" juga menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem darat dan perairan. 
 
Menurut penggiat lingkungan itu, menjaga kelestarian mangrove sama dengan menjaga ekosistem alam. Dan menjaga ekosistem alam juga menjaga kelestarian hidup manusia karena Mangrove juga mampu menjaga erosi dan abrasi pantai. 
 
 
 
"Serta mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti tsunami. Tanpa Mangrove, pantai bakal terus tergerus dan itu langsung atau tidak, mengancam kehidupan manusia," ungkap Lanang Sudira.
 
Untuk itu, Lanang Sudira berharap melalui kegiatan 'Mangrove Clean Up Day' ini mewujudkan Indonesia bersih dari sampah plastik. Hal ini menurutnya sangat penting sehingga hutan mangrove sebagai sang penyerap karbon dan penghasil oksigen tetap lestari.
 
 
"Hutan mangrove Indonesia termasuk di Bali menyimpan lima kali karbon lebih banyak per hektar dibanding dengan hutan tropis daratan tinggi," tegasnya mengakhiri.(BB).