Forum Konsultasi Publik jadi Ajang Penyerapan Aspirasi dalam Merancang Pembangunan Daerah

  07 Februari 2020 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Dalam upaya penyempurnaan rancangan awal  RKPD Kabupaten Bangli tahun 2020, Jumat (7/2/2020) Bappeda Litbang Kabupaten Bangli Gelar Acara Forum Konsultasi Publik Tahun 2020, Acara yang dipusatkan di ruang Audio Visual Museum Gunung Api Batur dihadiri oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangli, Perwakilan Pappeda Provinsi Bali, staf ahli Bupati, unsur Perguruan tinggi, Kepala Kantor kementerai Agama, Kepala Kantor BPS Kab Bangli, PHDI Kabupaten Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli dan Kecamatan.
 
 
Ketua Panitia DR. Putu Ganda menyampaikan latar belakang terselenggaranya Forum Konsultasi Publik ini ini adalah rancangan awal rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021, sesuai dengan amanat UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang dalam pasal 20 ayat (2) mengamanatkan bahwa Kepala Bappeda menyiapkan rancangan awal RKPD sebagai penjabaran dari RPJMD. 
 
Untuk menjabarkan amanat tersebut maka terbitlah permendagri No.86 tahun 2017 untuk melaksanakan ketentuan pasal 277 UU no. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang sudah diperbaharui menjadi Permendagri no. 54 tahun 2010 dalam pasal 80 ayat (1) berbunyi.
 
Rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk mendapat masukan dan saran penyempurnaan. 
 
Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen pemangku kepentingan baik seluruh OPD dan lintas sektoral yang ada di Kabupaten Bangli dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Bangli, DPA Bappeda Litbang.
 
 
Sambutan Kepala Bappeda Provinsi Bali yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengembangan Manusia  I.B Wesnawa, bahwa ppelaksanaan forum konsultasi publik Kabupaten Bangli tahun 2020 akan diperoleh berbagai masukan dan saran sehingga RKPD Kabupaten Bangli mampu memberikan kontribusi dan dampak bagi kesejahteraan masyarakat Bangli. 
 
Selain itu diharapkan dapat mewujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta optimalisasi partisipasi masyarakat dalam penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan. 
 
“Pembangunan adalah sebuah proses dan upaya menuju ke arah yang lebih baik yang dilakukan secara terencana untuk meningkatkan standar hidup setiap orang baik itu pendapatannya, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja” terangnya. 
 
 
Sementara itu Sambutan Bupati Bangli yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Drs. I Nyoman Puja M.Si menyampaikan tahun 2021 adalah tahun strategis dalam masa jabatan kepala daerah untuk mewujudkan Visi dan Misi yang dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah tahun 2016-2021. Secara efektif tahun 2021 merupakan tahun terakhir dalam penjabaran Visi dan Misi yang sebagian besar sudah terimplementasi, sehingga di tahun berikutnya dapat dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan. 
 
“Forum konsultasi publik ini adalah wahana untuk evaluasi program program pembangunan sekaligus sebagai bahan penyempurnaan prioritas dan sasaran pembangunan Bangli ke depan” katanya. (BB)