K3 Sebagai Budaya, PLN UID Bali Targetkan "Zero Accident" Bagi Pegawai dan Mitra

Baliberkarya
Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk menekan angka kecelakaan kerja sekecil mungkin sehingga PLN UID Bali dapat mewujudkan "zero accident" atau nihil kecelakaan kerja, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali (PLN UID Bali) komitmen untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) bagi pegawai dan mitra PLN UID Bali.
 
 
"Penekanan K3 ini kami ingin hindari kecelakaan kerja dan wujudkan zero accident," ucap General Manager PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa usai Acara Apel Bulan K3 Nasional di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali JL. Letda Tantular No 1 Renon, Denpasar, Jumat (31/1/2020).
 
Nyoman Suwarjoni Astawa yang didampingi Manager Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya mengaku selama ini tingkat kecelakaan kerja di PLN UID Bali masih tergolong minim atau sangat kecil. Dan kalaupun ada hal itu termasuk kecelakaan tergolong ringan.
 
"Selama ini persentase kecelakaan sangat kecil sehingga kami optimis mampu wujudkan zero accident," ungkap Nyoman Suwarjoni Astawa.
 
Ket Foto: General Manager PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa
 
Menurutnya, selama ini kasus kecelakaan kerja yang terjadi lebih banyak disebabkan karena tidak memakai Alat Pengaman diri (APD). Ia mencontohkan bekerja tanpa sarung tangan hingga sering menggampangkan pekerjaan dengan tidak mengenakan APD lainnya seperti helm.
 
 
"Misalnya seorang pegawai biasa naik turun tiang listrik tidak pakai sabuk pengaman body harness dan ada yang juga tidak gunakan helm," tutur Nyoman Suwarjoni Astawa.
 
Untuk itu, PLN UID Bali hingga kini terus mendorong pegawai dan mitra kerja untuk menjadi K3 sebagai budaya bukan paksaan sehingga aada kesadaran jK3 bagian budaya kerja.
 
 
"Kalau pegawai dan mitra mengabaikan K3, manajemen PLN UID Bali tegas akan memberikan teguran, surat peringatan hingga bisa sampai pada sanksi pemberhentian hubungan kerja," tegasnya.
 
Untuk acara Apel Bulan K3 Nasional di Kantor PLN UID Bali ini, selain diikuti pegawai PLN dan mitra kerja juga diisi Lomba K3 Safety Briefing. 
 
"K3 ini bukan hanya selama Bulan K3 Nasional tapi seterusnya agar jadi usaha berkelanjutan dan budaya," tutupnya.(BB).

TAGS :

Komentar