Pameran UMKM Bertaraf Internasional

Datangkan Ratusan "Buyer" Dunia, Pertengahan Tahun Kadin Bali Gelar Pameran UMKM

  11 Januari 2020 EKONOMI Denpasar

ilustrasi nett

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dalam rangka membangun perekonomian di Pulau Bali, Kamar Dagang Industri (Kadin) Bali berkomitmen penuh menguatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bali dikancah internasional. Bahkan, Kadin Bali berharap kedepan Bali menjadi pintu gerbang internasional bagi pemasaran produk UMKM.
 
 
Salah satu langkah nyata yang akan ditempuh Kadin Bali yaitu dengan mendatangkan "buyer" atau pembeli internasional ke Bali dalam ajang Bali Handicraft International Expo yang rencananya digelar pertengahan tahun ini di Nusa Dua, Badung, Bali.
 
"Harapannya Bali jadi pintu gerbang internasional untuk produk UMKM. Pameran produk UMKM bertaraf internasional yang digelar pertengahan tahun ini untuk sementara namanya Bali Handicraft International Expo," ucap Ketua Umum Kadin Bali I Made Ariandi di sela acara Kadin Bali Ramah Tamah Tahun Baru 2020 “Sinergi Maju Membangun Bali bersama Pemprov Bali: Tabah- Setia-Jujur” di Kantor Kadin Bali di Denpasar, Sabtu (11/1/2020).
 
Menurut pria energik dan murah senyum itu, Bali Handicraft International Expo rencananya akan melibatkan 100 UMKM lokal Bali serta 100 UMKM dari provinsi lainnya dari di seluruh Tanah Air.
 
Ket Foto: Ketua Umum Kadin Bali I Made Ariandi
 
"Bahkan kami targetkan akan datang 350 sampai 400 buyer internasional untuk membeli produk UMKM Bali ini," jelas Ariandi.
 
Untuk mendukung dan mensukseskan pameran UMKM di Bali, Ariandi mengaku pihaknya sampai saat ini sudah berkomunikasi dengan 33 Komjen negara sahabat untuk ikut serta dalam Bali Handicraft International Expo. Ia berharap melalui pameran ini akan semakin menggerakkan ekonomi kreatif khususnya UMKM di Bali. 
 
"Bali kekuatannya di produk handicraft atau kerajinan. Dan pameran ini diharapkan bisa jadi calendar event seperti Inacraft," harap Ariandi.
 
 
Ariandi optimis Bali Handicraft International Expo juga positif untuk pariwisata Bali dan langkah nyata Kadin Bali menjawab harapan Gubernur Bali I Wayan Koster dalam hal penguatan UMKM Bali agar mampu naik kelas dengan memenuhi standar mutu internasional. Apalagi Bali sebagai destinasi pariwisata internasional diharapkan lebih banyak menggelar event internasional. 
 
"Kalau pameran ke luar negeri khan lebih mahal biayanya, jadi kita buat pameran UMKM di Bali dengan mendatangkan buyer internasional yang tentu saja akan berkontribusi untuk pariwisata dan peningkatan perekonomian Bali," tutup Ariandi.(BB).