Jelang Pemilukada Tabanan 2020

Figur Pemimpin Krearif dan Inovatif, Panji Astika Jadi 'Rival Kuat' Calon PDIP

  04 Desember 2019 POLITIK Nasional

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kabupaten Tabanan bersama kabupaten lain dan kota yakni Jembrana, Badung, Bangli, Karangasem, dan Kota Denpasar akan menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) pada tahun 2020 mendatang.
 
 
Wakil Ketua DPRD Bali periode 2014-2019 I Gusti Bagus Alit Putra menyatakan beberapa kriteria seorang pemimpin yang diinginkan rakyat sesuai perkembangan jaman saat ini.
 
"Era sekarang adalah era dimana teknologi berkembang sangat cepat. Yang krearif dan inovatif akan terus bisa mengembangkan dirinya. Tetapi yang lamban tentu akan tertinggal," ucap Alit Putra saat ditemui awak media di kediamannya di Renon, Denpasar.
 
Politisi senior asal Tabanan yang juga mantan Wakil Gubernur itu mengungkapkan sosok dan figur pemimpin krearif dan inovatiflah yang saat ini dibutuhkan rakyat. Alit Putra menilai Anak Agung Ngurah Panji Astika dari Puri Anom Tabanan merupakan seorang pemimpin yang muda, enerjik, punya semangat tinggi, inovatif dan kreatif untuk mengembangkan ide serta gagasannya menggali dan memberdayakan potensi yang ada untuk membangun daerahnya. 
 
Ket Foto: Tokoh Puri Anom Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika, S.T 
 
Seorang pemimpin yang visioner adalah pemimpin yang tidak hanya mengandalkan potensi wilayahnya untuk mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bagi Alit Putra, pemimpin visioner akan berpikir kreatif dan inovatif mencari sumber-sumber pendapatan yang lain untuk meningkatkan pendapatan daerahnya.  
 
"Pemimpin juga harus bersih, punya rekam jejak yang baik tentu menjadi nilai tambah dimata rakyat," jelas pensiunan TNI berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) yang terjun di dunia politik selama 30 tahun ini.
 
 
Alit Putra yang juga tokoh dari Jero Tengah Banjar Tegal Baleran, Kecamatan Tabanan ini menerangkan, khusus di Kabupaten Tabanan, ia mengamati kabupaten dengan julukan "Lumbung Pangan" ini punya banyak potensi SDM yang mumpuni untuk memimpin daerahnya. Salah satu nama yang mulai terlihat ke publik dan digadang-gadang masyarakat untuk maju di Pemilukada Tabanan tahun 2020 adalah Anak Agung Ngurah Panji Astika. 
 
Tokoh Puri Anom Tabanan ini bahkan diprediksi menjadi "rival kuat" bagi kubu partai politik berlambang banteng moncong putIh dalam lingkaran. Munculnya nama penggiat seni dan budaya tersebut sangat wajar mendapat dukungan dari politisi gaek Alit Putra. 
 
Ket Foto: Tokoh Puri Anom Tabanan Panji Astika bersama Politisi Senior I Gusti Bagus Alit Putra
 
"Saya dukung jika ada anak muda yang ingin maju menjadi kepala daerah, beliau (Panji Astika) pas untuk itu karena saya lihat beliau selama ini punya rekam jejak yang bagus, pergaulan luas, semangatnya tinggi," tegas mantan Bupati Badung periode 1990-2000 ini.
 
Alit Putra mengapresiasi dan mendorong banyak tokoh yang ingin tampil agar demokrasi di Tabanan tetap berjalan. Hal itu ia ungkapkan, karena akan mewarnai perpolitikan ditengah dominasi kekuatan dan kekuasaan politik PDI Perjuangan. 
 
"Jangan sampai tidak ada calon, nanti tidak jalan demokrasinya. Jadi siapapun yang ingin berani maju saya dukung termasuk Panji Astika," tutup Putra yang masih aktif sebagai Ketua INKAI, Judo, PMI, Kabbadi Provinsi Bali tersebut.(BB).