Demokrasi Tabanan "Mati Suri", Alit Putra 'Dukung Penuh' Panji Astika Majukan Kampun

Baliberkarya
Baliberkarya.com-Tabanan. Politisi senior asal Tabanan yang juga mantan Wakil Gubernur Bali I Gusti Bagus Alit Putra (71 tahun) mendukung penuh sosok Anak Agung Ngurah Panji Astika untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Tabanan September 2020 mendatang.
 
 
Pensiunan TNI berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) yang terjun di dunia politik selama 30 tahun ini mengungkapkan salah satu alasan mendukung Panji Astika yang merupakan tokoh asal Puri Anom Tabanan yaitu demokrasi di Tabanan harus hidup dan tidak boleh "mati suri" jelang Pilkada Serentak 2020. Untuk itu, Alit Putra yang juga Ketua Majelis DPD Partai Demokrat Provinsi Bali ini mengapresiasi jika ada tokoh-tokoh yang berani tampil ingin membangun Tabanan lebih baik dan lebih maju lagi.
 
"Tentu bagus sekali kalau beliau (Panji Astika) mau maju di Pilkada Tabanan. Kami sangat mendorong dan mendukung beliau. Saya dukung jika ada anak muda yang ingin maju menjadi kepala daerah, beliau," kata Alit Putra saat ditemui awak media di kediamannya di Renon, Denpasar.
 
Mantan Wakil Ketua DPRD Bali periode 2014-2019 ini menilai dengan majunya Panji Astika dalam hajatan politik tentu akan menawarkan alternatif baru atas hegemoni politik dan dominasi kekuasaan serta kekuatan politik PDI Perjuangan di Tabanan. Apalagi saat ini baru PDI Perjuangan yang dipastikan akan mengusung calon kepala daerah dan kemungkinan besar baik Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Tabanan dipastikan akan mengusung dari kader PDI Perjuangan sendiri.
 
"Beliau (Panji Astika) pas untuk maju karena saya lihat beliau selama ini punya rekam jejak yang bagus, pergaulan luas, semangatnya tinggi," jelas mantan Bupati Badung periode 1990-2000 ini.
 
Ket Foto: Politisi Senior asal Tabanan I Gusti Bagus Alit Putra
 
Walau memang belum final mendapatkan kendaraan partai politik yang akan mengusungnya, namun nama Panji Astika salah satu kandidat kuat dalam bursa Bakal Calon Bupati Tabanan. Meski begitu, niat Panji Astika dianggap suatu langkah yang progresif dan positif bagi kehidupan demokrasi di "Lumbung Beras" Bali ini. 
 
 
Selain itu, Alit Putra yang masih aktif sebagai Ketua INKAI, Judo, PMI, Kabbadi Provinsi Bali berharap adanya perubahan dan kemajuan bagi Tabanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabanan. Ia mengakui di Tabanan mayoritas PDI Perjuangan dan bisa otomatis mengusung calon sendiri. Ia pun mengingatkan jangan sampai Pilkada di Tabanan ada calon tunggal sehingga harus melawan kotak kosong. 
 
"Jangan sampai hanya ada satu calon atau calon tunggal. Itu namanya tidak ada demokrasi di Tabanan. Saya pandang ada sinyal kuat dan lonceng kematian demokrasi serta gagalnya partai politik melahirkan calon pemimpin di daerah ini (Tabanan)," tuturnya.
 
Ia pun melihat Panji Astika punya semangat tinggi kawal demokrasi Tabanan dan mengingatkan jangan berpikir kalah menang karena yang terpenting demokrasi Tabanan hidup. Dan jangan sampai tidak ada calon selain dari PDI Perjuangan. Demokrat sendiri menurut Alit Putra dengan tangan terbuka siap membukakan pintu untuk mengusung Panji Astika di Pilkada Tabanan, walau memang diakui di DPRD Tabanan Demokrat hanya punya satu kursi hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu.
 
"Jangan sampai di Pilkada melawan kotak kosong. Warga Tabanan tidak enak dengar kalau lawan kotak kosong. Kami jengah, seperti tidak ada calon pemimpin saja di Tabanan," sentilnya. 
 
Ket Foto: Tokoh Puri Anom Tabanan Panji Astika bersama Politisi Senior I Gusti Bagus Alit Putra
 
Untuk itu, ia pun mengajak para partai politik (parpol) di Tabanan di luar PDI Perjuangan agar bersatu membukakan jalan dan pintu untuk mengusung Panji Astika sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan. Jika parpol bisa bersatu melawan PDI Perjuangan maka hal itu bisa menghidupkan demokrasi di Tabanan.
 
"Semoga Demokrat bisa koalisi dengan Golkar, NasDem, Gerindra usung beliau (Panji Astika)," harap Alit Putra "Demokrat memang belum ada sikap resmi. Nanti kami rapatkan," kata politisi gaek itu.
 
Alit Putra mengakui belum ada sikap resmi partai, namun dirinya sudah berkomunikasi dengan Plt Ketua DPD Partai Demokrat Tabanan Nengah Pringgo bahwa ada Panji Astika yang mau maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan.
 
"Kami nanti akan intensifkan komunikasi di internal Demokrat dan juga lintas partai. Kami harapkan koalisi kompak mau ambil beliau (Panji Astika) dan bersama membangun Tabanan lebih maju," pungkas Alit Putra yang merupakan tokoh asal Jro Tengah Banjar Tegal Baleran, Tabanan ini.(BB).

TAGS :

Komentar