Inovasi Perlindungan Anak dari Kekerasan Mendapat Apresiasi

Semoga Sukses! PKK Desa Sanur Kaja Dinilai Tim Provinsi

  13 November 2019 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Humas Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Keberhasilan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK–Kes) dan Gerak PKK  Desa Sanur Kaja dalam merancang beragam inovasi mendapatkan apresiasi berbagai pihak. Tak heran, tahun 2019 ini  KKBPK–Kes dan Gerak PKK  Desa Sanur Kaja didaulat menjadi duta Kota Denpasar untuk mengikuti penilaian tingkat provinsi. Penilaian Lomba Pelaksanan terbaik PKK-KKBPK dan Lomba Kesatuan Gerak PKK di Desa Sanur Kaja dinilai oleh Tim Evaluasi Tingkat Provinsi Bali digelar di Pura Dalem Kedewatan, Sanur, Rabu (13/11). 
 
 
Kadatangan Seluruh Tim Evaluasi di sambut hangat Ketua Tim PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra di dampingi Wakil Ketua PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Denpasar IB Alit Wiradana dan Camat Denpasar Selatan Wayan Budha. 
 
Dalam penilaian tersebut Ketua TP PKK, Ny. IA Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan, kegiatan ini merupakan motor penggerak bagi partisipasi semua pihak untuk kesejahteraan masyarakat seperti organisasi kemasyarakatan, LSM, dunia usaha dan swasta dibawah koordinasi pemerintah. Menurutnya kegiatan PKK-KKBPK dan Kesatuan Gerak PKK di Kota Denpasar telah berjalan dengan baik serta banyak hasil yang sudah kami peroleh dari kegiatan. Sehingga dalam lomba ini berbagai persiapan telah dilakukan PKK Kota Denpasar bersama Tim PKK Desa untuk menampilkan yang terbaik.
 
Khusus untuk penilaian ini Ny. Selly mengatakan menonjolkan berbagai inovasi yang telah diterapkan oleh seluruh PKK Desa Sanur Kaja. Salah satunya program perlindungan anak dari kekesaran. Disamping itu hal ini juga didukung oleh mobil konseling Denpasar Ceria. Ternyata inovasi tersebut mendapat apresiasi Tim Penilai Provinsi Bali bahkan mengakui bahwa inovasi tersebut sangat luar biasa. Dari inovasi itu Ny. Selly berharap bisa berimbas ke desa-desa lain, mengingat inovasi tersebut telah disambut hangat oleh Tim Provinsi Bali.
 
 
 
Lebih lanjut Ny. Selly mengatakan, dari hasil evaluasi pastinya ada yang baik dan yang kurang. Untuk yang kurang pihaknya akan lakukan perbaikan maupun peningkatan untuk persiapan untuk lomba di tingkat nasional. “Dalam lomba ini kami optimis dapat menjadi yang terbaik sehingga bisa maju pada tingkat nasional,’’ harap Ny. Selly
 
Tim Evaluasi PKK-KKBK-Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK Provinsi Bali sekaligus Sekretaris PKK Provinsi Bali Ni Made Suastini mengatakan, dalam penilaian kali ini sangat luar biasa, karena PKK Desa Sanur Kaja memiliki banyak inovasi yang sangat luar biasa. Menurutnya dalam penilaian ada nilai kriteria tersendiri dengan adanya inovasi ia mengaku Sanur Kaja telah memiliki nilai plus.
 
Dengan adanya penilaian seperti ini pihaknya berharap bisa memicu kabupaten lainnya untuk terus berinovasi karena penilaian ini dilakukan di seluruh kabupaten/Kota. “Begitu melihat di Denpasar Kota bisa diketuk tularkan di seluruh kabupaten lainnya,’’ harapnya.
 
 
Menurutnya tujuan dari penilaian dan inovasi ini adalah untuk mensejahterakan keluarga, membantu pemerintah mempercepat proses pencapaian pogram Pemerintah. Semua itu tugas dari PKK adalah mendukung, mendorong dan mensosialisasikan. Karena dari 9 lomba  yang dilombakan sangat besar manfaatnya khususnya untuk keluarga dan masyarakat itu sendiri. Masing-masing lomba menurutnya akan mewakili provinsi Bali ke tingkat nasional pada tahun 2020. Semua lomba telah memiliki kriteria sendiri namun yang paling penting dalam lomba ini adalah input, proses dan outputnya.
 
Wakil Ketua PKK Desa Sanur Kaja Ni Luh Haryati menambahkan dalam menyambut evaluasi ini pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan mulai pembinaan dari kecamatan, pihak kota bahkan provinsi, serta antusias masyarakat  Desa Sanur Kaja. Sehingga lomba ini bisa dilaksanakan dengan baik.  Pihaknya ingin agar pogram di Kota Denpasar maupun provinsi bisa dilaksanakan dengan baik di Sanur Kala untuk mendukung keluarga yang sejahtera dan sehat. (BB)