KM Bintang Jaya VI Terbakar, Seluruh ABK Dibawa ke Pelabuhan Celukan Bawang

Baliberkarya.com-Buleleng. KM Bintang Jaya VI terbakar di Perairan Jawa, tepatnya pada posisi 7° 22.400'S-115° 8.100' saat sedang berlayar mencari ikan. Kapal yang membawa 10 ABK tersebut terbakar siang hari, Selasa (5/11/2019) sekitar pukul 15.00 Wita. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 
 
 
"Saat terbakar kebetulan MV Pioneer yang berlayar dari Singapura hendak menuju Australia melintas dan segera mengevakuasi seluruh ABK dalam keadaan selamat sekitar pukul 15.55 Wit," jelas Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra, S.H. 
 
Lima belas menit berselang mereka sudah berada di atas MV Pioneer tanpa ada luka maupun cedera. Diketahui identitas 10 ABK atas nama Martin (nahkoda), Handy Hede Data, Hamzah, Timbul Parasian Situmeang, Danang Budi Santoso, Sabarudin, Haris Sutejo, Hoksiu, Ramlan dan Dahlan.
 
 
 
Kantor Basarnas Bali menerima informasi dari crew MV Pioneer pada pukul 16.20 Wita dan segera mengerahkan personil dari Pos SAR Buleleng untuk menuju intercept yang sudah disepakati yakni koordinat 07°45,24'S - 114° 59,7'E. Sebelumnya tim SAR berkoordinasi dengan Pos AL, KKP, serta KP3 Celukan Bawang. Setelah sekitar 2 jam berselang RIB telah merapat di titik intercept. 
 
Akhirnya pada pukul 21.30 Wita tim SAR gabungan berhasil membawa seluruh ABK menuju Pelabuhan Celukan Bawang menggunakan RIB. Selanjutnya mereka ditangani oleh tim medis KKP Celukan bawang.(BB).

TAGS :

Komentar