Pelabuhan Gili Mas Mulai Disinggahi Kapal Pesiar, Tahun Depan NTB Target 4,5 Juta Wisman

  05 November 2019 EKONOMI Nasional

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Setelah Dermaga Pelabuhan Gili Mas, Lombok, NTB sepanjang 440 meter telah rampung dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) / PT Pelindo III, Selasa pagi (5/11/2019) kapal pesiar Sun Princess dengan Length Overall (LOA) 261 meter, lebar 32 meter, bobot mati 77,441 GT, membawa 1.988 penumpang dan 862 crew sandar perdana di Dermaga Pelabuhan Gili Mas di Nusa Tenggara Barat. 
 
 
Terkait hal ini, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah menyambut positif beroperasinya Pelabuhan Gili Mas di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. 
 
"Ini kemajuan baik bagi pariwisata Lombok," ucap Sitti di sela-sela menyambut kedatangan kapal pesiar Sun Princess itu.
 
 
Baginya, hal ini sekaligus menjadi tantangan bagaimana melayani wisatawan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan infrastruktur seperti akses jalan, penataan destinasi wisata, penyiapan SDM dan sarana penunjang lainnya.
 
"Kami juga lakukan penataan lingkungan dan getol kampanyekan zero waste, NTB bersih," jelas Sitti.
 
 
Apalagi di kawasan Mandalika tengah dibangun Sirkuit Moto GP yang dijadwalkan beroperasi menggelar balapan MotoGP tahun 2021. Hal ini itu akan semakin menambah daya tarik kawasan ini serta meningkatkan geliat investasi serta perekonomian yang digerakkan oleh pariwisata.
 
 
Keberadaan Pelabuhan Gili Mas yang menjadi destinasi kapal pesiar ditambah berbagai pengembangan di Mandalika dan ikon baru sirkuit MotoGP maka diyakini pariwisata NTB akan terus berkembang pesat dan makin ramai di kunjungi wisatawan mancanegara.
 
 
Pada tahun 2019 ini kunjungan wisatawan ke NTB ditargetkan 4 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan diyakini akan tercapai. Sementara pada 2020 ditargetkan 4,5 juta wisatawan mancanegara. 
 
"Kami akan terus berbenah dan sinergi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB," tegas Sitti mengakhiri.(BB).