Mau Hidup Sehat dengan Gaya Pak Oles? Ini Dia Tipsnya Guys !

  12 Oktober 2019 KESEHATAN Denpasar

GNW for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari sedapat mungkin mengurangi gula putih, ganti pemanis dengan madu atau gula merah (brown sugar), jauhi rokok dan  alkohol. Bersihkan usus dengan enema, pepaya,  teh kuncup bunga, teh jati cina, loloh (green smoothy). Usahakan sedapat mungkin bisa melakukan puasa  sekali dalam seminggu, disertai dengan melakukan  pernafasan perut (ubah cara bernafas), lakukan pranayama perut (yoga/ayurveda).
 
 
Hal ini disampaikan Dr. Ir. G.N. Wididana, M.Agr., atau dikenal dengan panggilan Pak Oles pengusaha yang juga merupakan politisi. Menurutnya, dengan memasukkan makanan, air, udara, sinar matahari ke dalam tubuh adalah memasukkan prana ke dalam tubuh. Makanan, air, udara, sinar matahari yang sehat adalah prana. Manusia mengelola, menjaga prana di dalam tubuhnya dengan Yoga.
 
Prana berfungsi untuk meremajakan sel, mengusir, membunuh penyakit, menetralkan/membuang racun dari dalam tubuh. Memiliki Sikap Mental Positif (SMP) yang dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dan menjaga prana.
 
Menurut Dr. Shigeo Haruyama, hormon kebahagiaan (Endorfin) sikap mental positif,  berdoa, meditasi, yoga, reuni, silaturahmi, menari dan menyanyi. Bekerja yang diserangi, menyalurkan hobi, bergembira dan tersenyum. Selain itu aktif olah raga minimal jalan kaki 5.000 langkah atau 2 km setiap hari. Yang penting diingat adalah makanan juga bisa penyebabkan timbulnya  penyakit kanker.
 
 
 
Untuk menghindari hal itu sangat diperlukan untuk melakukan diet lemak tinggi (kanker usus, rektum, prostat), diet daging merah, daging bakar gosong. Demikian pula dapat membuang radikal bebas dengan mengkonsumsi makanan sehat.
 
Hal itu penting disadari karena radikal bebas electron dengan mudah dan bebas merusak DNA cell kanker dan  herbal kaya antioksidan. Makan produk kedelai (isoflafon) (orang Jepang makan kedelai 30 kali lebih banyak daripada orang Amerika, kanker payudara & prostat orang Jepang lebih rendah dari orang amerika. Demikian pula 8.000 jiwa warga Hawai makan tahu lebih banyak memiliki kanker prostat lebih sedikit.(BB)
 
Pak Oles yang merupakan alumnus S-3 Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar dan S-2 Faculty Agriculture University of The Ryukyus juga menerangkan, Pytonutrient pada sayur mengurangi risiko kanker payudara, karena chlorofil memiliki efek anti kanker omega 3 (ikan, kacang-kacangan), squalere (minyak zaitun), serat tinggi (sayur, buah, beras merah, beras coklat). Asam amino (produk fermentasi, buah, sayur, madu, susu, telor) vitamin  A, C, E, beta karotin, asam folic (produk sayur dan buah)
 
Enzim detoksifikasi, racun masuk ke dalam hati, racun diubah menjadi larut air. Kemudian racun diangkut dan dibuang dengan media air. Enzim pelarut dan pembuang racun dari hati dengan konsumsi makanan herbal.
 
 
 
Tekanan darah tinggi dapat disebabkan akibat kegemukan, kolesterol tinggi dan hipertensi. Sejarah keluarga sakit jantung olah raga melawan hipertensi, seledri menurunkan tekanan darah 14% dan kolesterol 7% dan bawang putih 600 mg/hari, minggu ke-4, tekanan darah sistoik turun 10%, minggu ke 16 tekanan darah sistoik 19%. Olah raga juga dapat menurunkan tekanan darah, minum 8 gelas air/hari.
 
Stress bisa menyebabkan hipertensi dan tertawa mampu sebagai pereda setres dan hipertensi. Sementara denyut jantung 60 kali per menit, 20 x lebih per menit tidak normal atau 20 x 60 = 1.200 per jam. Olah raga 30 menit, 4 kali seminggu obat yang murah.
 
Pranayama (yoga) dapat menurunkan tekanan dara menjadi normal, denyut jantung normal, tubuh dan pikiran menjadi rilek. Detox melalui olah nafas, detox perut (Yoga Perut), detox Cell (olah nafas), meningkatkan vitalitas dan semangat sikap mental positif.
 
Detox  supplemen (vitamin mineral), antioksidan (herbal), antioksidan (omega 3, zaitun, minyak tanaman, asam amino). Herbal drink, chlorofil, serat. Selain itu, olah raga dan diet minum air putih.(BB)