Berbagi Ramuan Teh Herbal Multi Khasiat

  28 September 2019 KESEHATAN Denpasar

GNW for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Jumat sore (27/9), Warung Bokashi di Waribang, Kesiman, Denpasar Timur tampak rame dan meriah. Hari itu merupakan hari spesial bagi 50 peserta dari berbagai latar belakang profesi . Seusai acara Seminar Herbal dan Detok yang dibawakan oleh Dr Ir Gede Ngurah Wididana, M. Agr selaku pembicara utama dan Ir Gusti Ketut Riksa, para peserta yang datang dari Nusa Dua, Kuta (Badung), Gianyar, Tabanan dan Kota Denpasar berpindah lokasi di sekitar kawasan itu.
 
 
Dipandu Ni Made Lidyawati didampingi staf, Made Subagia praktekkan cara praktis membuat dan memasak minuman berkhasiat obat. Suasana itu membuat para peserta langsung saja mengerubuti areal khusus bagi aplikasi seminar Herbal dan Detoks itu dengan wajah yang berseri-seri. PT Karya Pak Oles Group sudah sejak lama membuat berbagai jenis teh herbal dari bahan tanaman obat keluarga (Toga) yang mempunyai multi khasiat.
 
Unjuk kemampuan membuat teh herbal dalam waktu singkat dan langsung bisa  dinikmati peserta itu menjadi moment istimewa dan mungkin menjadi yang pertama untuk ukuran seminar. Demontrasi membuat enam jenis teh herbal tersebut meliputi teh kemangi sereh dengan bahan kemangi, sereh, air putih, madu/gula batu secukupnya lalu direbus, kemudian airnya disaring. Minuman teh tersebut mempunyai khasiat anti penuaan, menguatkan otak, kesehatan jantung dan ngorok.
 
 
Teh Seledri Sereh dibuat dari bahan baku seledri, sereh, air putih, madu/gula batu secukupnya. Semua bahan direbus kemudian airnya disaring mempunyai khasiat menurunkan tensi, kolestrol, pencernakan dan antioksidan.
 
 
Teh Kunyit/jahe dibuat dari bahan kunyit, jahe, air putih, madu/gula batu secukupnya lalu direbus kemudian airnya disaring yang mempunyai manfaat untuk menyembuhkan infeksi pankreas, perawatan kulit dan kontrol gula darah.
 
Teh Benalu/pandan dengan bahan dari  benalu (kepasilan), pandan harum, air, madu/gula baru secukupnya lalu direbus dan disaring, yang mempunyai khasiat anti kanker, radang sendi, fungsi hati dan ginjal.
 
 
 
Loloh Pegawa (Pegagan sambung nyawa) dibuat dari daun pegagan, daun sambung nyawa, bawang merah bakar, jeruk nipis, sirup asem dan garam. Semua bahan dicampur lalu dihaluskan dengan blender. Minuman tersebut mempunyai khasiat untuk menurunkan panas badan, meningkatkan daya ingat dan pencernaan.
 
Sedangkan Loloh Belimbing Bluntas Binahong dibuat dari bahan  daun blimbing, daun bluntas, daun binahong, jeruk nipis, sirup asem dan garam. Semua bahan dicampur lalu dihaluskan dengan blender. Minuman teh herbal tersebut mempunyai khasit untuk menyembuhkan luka, asam urat/kolestrol, sesak nafas, batuk/flu, wasir, bau badan, panas dalam dan anti bakteri. Yang unik itu adalah semua ramuan herbal tersebut dipetik dari tanaman obat keluarga yang dihasilkan dari dalam Kebun Bokashi Farm. Itulah salah satu magnet dan sisi lain yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupan dalam lini kekinian.(BB)