Tips Berlibur ke Luar Negeri Terbaru

  23 September 2019 EKONOMI Nasional

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Berlibur merupakan salah satu aktivitas yang lumayan sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat perkotaan. Dengan berlibur, kamu bisa menghilangkan sejenak beban yang dihadapi sehari-hari.
 
 
Indonesia sendiri memiliki berbagai macam tempat berlibur yang asik. Akan tetapi, berlibur ke luar negeri juga bisa menjadi alternatif terbaik bagi kamu yang mungkin bosan berlibur di dalam negeri. Toh sekarang ini tidak sulit untuk mendapatkan tiket penerbangan ke luar negeri yang murah.
 
Sejumlah aplikasi perjalanan online kini banyak yang menawarkan promo tiket penerbangan, salah satunya Traveloka. Dengan Traveloka, kamu bisa langsung beli online tiket pesawat tanpa ribet. Kamu juga bisa menyesuaikan harga tiket pesawat dengan bujet yang kamu miliki.
 
Nah, kalau kamu bingung untuk berlibur ke luar negeri, berikut ini ada beberapa tips berlibur ke luar negeri.
 
1. Tentukan tujuan negara
 
Pertama-tama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah menentukan negara mana yang ingin kamu tuju sebagai destinasi berlibur. Tentu saja penentuan ini harus berdasarkan dengan bujet yang kamu miliki.
 
Sebagai contoh, kalau bujet kamu pas-pasan, kamu bisa memilih negara tujuan terdekat untuk berlibur, salah satunya Asia Tenggara. Kamu bisa berlibur ke Malaysia, Vietnam, Thailand, atau Singapura. Selain harga tiket pesawat yang cenderung murah, biaya hidupnya juga tidak terlalu mahal.
 
Kalau misalnya ada uang berlebih, kamu bisa memilih negara tujuan yang lebih jauh lagi, semisal Asia, Eropa, atau bahkan Amerika Serikat.
 
2. Siapkan paspor hingga visa
 
Kalau sudah menentukan negara tujuan, kamu juga harus menyiapkan paspor. Ya, paspor merupakan dokumen yang wajib dibawa ketika kita bepergian ke luar negeri. Ibaratnya, paspor adalah tanda pengenal kita ketika bertandang ke negeri orang.
 
 
Bahkan ada beberapa kasus yang mewajibkan kamu untuk menunjukkan paspor ketika akan membeli tiket pesawat. Kalau kamu belum punya paspor, siapkan minimal tiga bulan sebelum perjalanan. Mengurus paspor bisa dibilang gampang-gampang susah.
 
Kamu harus datang ke kantor imigrasi terdekat. Kalau enggan repot, kamu bisa kok mengandalkan agen perjalanan. Jangan lupa juga siapkan visa bagi negara yang membutuhkan visa. Kalau untuk Asia Tenggara, kamu tidak membutuhkannya.
 
3. Berburu tiket pesawat dan penginapan
 
Setelah kedua poin tadi, maka langkah selanjutnya adalah mencari tiket pesawat. Di Traveloka, kamu bisa mencari tiket pesawat dengan promo harga yang menarik. Traveloka cukup sering menggelar promo harga tiket pesawat, baik domestik maupun luar negeri.
 
Jangan lupa untuk aktifkan fitur Price Alerts untuk mengetahui harga tiket pesawat yang sesuai dengan bujet. Sekalian juga pesan penginapan. Biasanya Traveloka menyediakan paket harga menarik untuk tiket pesawat dan penginapan.
 
Diskonnya bisa mencapai 20% atau bahkan lebih, tergantung promo. Kalau bisa siapkan penginapan setelah memesan tiket pesawat. Tipsnya dalam memesan penginapan adalah carilah yang dekat dengan tujuan wisata kamu.
 
4. Jangan lupa tukar uang
 
Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk menukarkan uangmu ke dalam mata uang negara yang kamu tuju. Semisal kamu mau pergi ke Jepang, maka tukarkan Rupiah ke Yen.
 
 
Tipsnya untuk menukarkan mata uang, kamu mungkin bisa melihat nilai tukar mata uang dari jauh-jauh hari. Selain itu, kalau bisa jangan menukarkan mata uang di bandara lokal maupun bandara negara tujuan.
 
Hal ini karena kemungkinan nilai tukar mata uang di bandara jauh lebih mahal. Karenanya, tukarkan mata uangmu di tempat terdekat dengan rumah atau yang terpercaya. Usahakan menukar mata uang di dalam negeri, karena biasanya mata uang Rupiah dihargai rendah di negara luar. (BB)