Minyak Oles Bokashi Mendunia

  28 Agustus 2019 KESEHATAN Denpasar

GNW for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Minyak Oles Bokashi  produk  Industri Obat Tradsional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer kini mulai mendunia, karena produk ramah lingkungan itu telah menembus pasaran berbagai negara di belahan dunia yang dipesan secara online maupun dibeli langsung konsumennya ke Pulau Dewata.  
 
 
“Produk herbal dalam berbagai kemasan itu  mendapat respon positif dari konsumen  berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara,” kata Kepala Pemasaran Cabang Bali PT Karya Pak Oles Tokcer Gede Ginarka, di Denpasar, Rabu (28/8).
 
Ia baru saja melayani dua konsumen masing-masing dari Malta dan Czech Republik yang membeli Minyak Oles Bokashi dalam jumlah besar untuk selanjutkan dipasarkan kembali di kedua negara tersebut. Yasmin (28 tahun) yang mengembangkan usaha  Solus Per Aqua (SPA) dari Malta membeli Minyak Oles Bokashi, Minyak Bokashi Ker, EM SPA, Balsem Bokashi dan Minyak Tetes Bokashi.  
 
Yasmin, penekun spiritual meditasi yang sedang menikmati liburan di Bali sempat mencoba memanfaatkan Minyak Oles Bokashi dan akhirnya tertarik untuk membeli obat herbal, selain digunakan sendiri, juga dijual untuk pelanggannya yang menggunakan jasa SPA.
 
 
 
Sebagai informasi, Republik Malta merupakan sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Terletak sekitar 80 km di selatan Italia, 284 km timur Tunisia dan 333 km utara dari Libya. Malta, yang hanya seluas daerah 316 km dengan total penduduk sekitar 450.000, membuat wilayah ini menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk terpadat. Malta terletak di tengah-tengah Laut Tengah dan terdiri dari lima pulau. Tiga di antara wilayah itu berpenghuni yaitu Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota negaranya adalah Valletta, dengan luas daerah sekitar 0,8 km adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa.
 
Gede Ginarka juga melayani konsumen Mr. Vaclav Nemecek dari Czech Republic yang membeli 500 botol Minyak Oles Bokasih kemasan 35 mill. Vaclav Nemecek bersama istrinya seusai menikmati liburan di Bali itu rencananya membeli 1.000 botol Minyak Oles Bokashi, namun kesulitan untuk membawa ke negaranya, terpaksa hanya beli separuh.
 
Republik Ceko adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, Polandia di sebelah utara, Slowakia di sebelah tenggara dan Austria di sebelah selatan.
 
 
 
Vaclav Nemecek bersama istrinya yang telah mencoba memanfaatkan Minyak Oles dan merasakan khasiatnya itu membeli dalam jumlah besar untuk kembali dipasarkan kepada masyarakat di negaranya. Obat herbal memiliki banyak manfaat untuk anggota keluarga seperti bantu menjaga kesehatan keluarga, gatal-gatal, energi pada kulit, mengobati luka lecet, sakit giti, perut kembung dan serangan serangga.
 
Produk ramah lingkungan itu dibuat dari 315 jenis tanaman obat organik yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Wisatawan asing dalam liburannya di Bali sering kali coba memanfaatkan produk tersebut dan akhirnya tertarik untuk membelinya sebagai cenderamata, kenang-keangan pulang ke negaranya. Dengan sistem pemasaran yang demikian itu Minyak Oles Bokashi dan 33 jenis produk lain bisa menembus pasaran luar negeri. Dengan sistem on line, Minyak Oles Bokashi setiap bulan selalu saja terjadi transaksi dari luar negeri.
 
Gede Ginarka menjelaskan, konsumen luar negeri selain membeli langsung juga ada yang memesan secara online seperti Mr Michael Calava yang beralamat Peak Physiqul Hot Yoga 1113/27 Commercial Road Newstead Qld.4006 Woeensland. “Produk yang siap dikirim itu berupa 5 liter Minyak Oles Bokashi. Pengirimannya disertai dengan dokumen yang sah sehingga tidak mengalami kesulitan dan tiba di tujuan dengan baik,” ujar Gede Ginarka.(BB)