Akibat Gempa Ribuan Warga Mengungsi di Banten dan Lampung, Kepala BNPB Langsung ke Lokasi Terdampak

  03 Agustus 2019 PERISTIWA Nasional

Humas BNPB

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Kepala BNPB Letjen Doni Monardo langsung mengunjungi lokasi gempa di Pandeglang Banten (03/8) pagi.
 
 
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. Namun akhirnya memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam. 
 
 
Letjen Doni ingin memastikan secara langsung dampak gempa semalam dan semua pelayanan publik terlayani. 
 
 
"Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," demikian kata mantan Danjen Kopassus itu dalam keterangan resminya Sabtu (03/8) pagi. 
 
 
Semalam sesaat setelah gempa, Presiden Jokowi langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk bertindak cepat.
 
"Apabila ada yang memang harus disikapi, kita bergerak," ujar Jokowi di sela-sela menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. 
 
 
Sementara itu, dampak gempa semalam dilaporkan korban Jiwa di Provinsi Banten ada sekitar 1.050 Jiwa yang mengungsi, 4 orang dilaporkan luka-luka dan 1 orang atas nama Rasinah (48) alamat Kampung Cilangkahan Rt 03/01 Desa Pecangpari Kecamatan Cigemblong, meninggal dunia akibat panik, dan mengalami serangan jantung. 
 
 
Provinsi Lampung sekitar 1.000 Jiwa mengungsi di halaman kantor Gubenur Provinsi Lampung. Di Kabupaten Lampung Selatan kurang lebih 50 orang mengungsi di EX Hotel Lima Enam (HUNTARA). Di Kabupaten Sukabumi, 1 orang Luka-luka di Kabupaten Pandeglang 3 orang luka-luka dan Kabupaten Lebak 1 orang meninggal dunia.(BB)