Rayakan Tiger Day, Bali Zoo Berikan Makanan Spesial Mangsa Buatan

Baliberkarya.com-Gianyar. Serangkaian kegiatan disuguhkan pihak pengelola Bali Zoo dalam menyambut International Tiger Day atau hari harimau sedunia, Senin (29/7).
 
 
Dihari untuk Harimau ini, objek wisata kebun binatang yang terletak di desa Singapadu kecamatan Sukawati Gianyar ini memberikan special food (makanan spesial)  dan physical entichment (pengayaan fisik) terhadap empat satwa harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae, red).
 
Empat satwa harimau Sumatera ini masing-masing bernama Pandeka dengan umur 5 tahun serta bobot 120 kg. Kemudian ada Sean dengan umur 6,5 tahun berbobot 125 kg dan King berumur 9 tahun berbobot 170 kg. Ada juga yang diberi nama Kartini yang memiliki umur 15 tahun dengan bobot 190 kg.
 
“Melalui peringatan International Tiger Day, Bali Zoo ingin mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap usaha konservasi untuk melestarikan harimau dan hingga saat ini Bali Zoo telah berhasil mengembangbiakan Harimau Sumatra yang merupakan endemik Indonesia dan Harimau Benggala,” ujar Emma Kristina Chandra, Head of Public Relations Bali Zoo.
 
 
 
Kegiatan enrichment atau pengayaan ini bermanfaat untuk menstimulasi motorik, mengasah indera penciuman dan naluri berburu harimau agar tetap berperilaku sesuai dengan keberadaan di habitat aslinya.
 
Dengan menggunakan peraga yang dibentuk menyerupai beberapa satwa yang biasa dimangsa di habitat aslinya seperti zebra, babi hutan ataupun rusa yang di dalam peraga ini diberikan daging sapi dan ayam segar.
 
Disamping memberikan special food dan physical enrichment untuk memeriahkan hari harimau sedunia kali ini, pengunjung dapat mengamati tingkah laku berburu satwa nokturnal ini di siang hari.
 
Termasuk juga menyiapkan program edukasi keeper talk dan face painting dengan tema harimau bagi pengunjung yang ingin mengikuti program spesial untuk harimau-harimau di Bali Zoo.(BB)

TAGS :

Komentar