Miris! Eks Bangunan Puskesmas jadi Tempat Sampah, Kotor dan Jorok

  13 Juli 2019 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Tidak tertatanya tempat pembuangan sampah di Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali membuat banyak pengelola hotel dan restoran membuang sampahnya sembarangan. Bahkan bangunan Puskesmas yang kini sudah tidak terpakai menjadi tempat timbunan sampah di kawasan efektif pariwisata (KEP) tersebut.
 
 
Komisi II DPRD Klungkung yang melakukan sidak di Nusa Lembongan menemukan adanya tempat penimbunan sampah di bangunan Eks Puskesmas/UGD.
 
Anggota Komisi II DPRD Klungkung Gde Artison Andarawata mengungkapkan tempat tersebut sering menjadi lokasi pembuangan sampah hotel dan pelaku pariwisata.
 
Padahal bangunan bekas Puskesmas ini bukanlah tempat pembuangan sementara (TPS) resmi. Pihaknya pun melihat secara langsung pelaku pariwisata membuang sampah seenaknya di lokasi tersebut tanpa adanya pemungutan retribusi.
 
 
 
"Cukup meresahkan kadang sampai ke jalan. Juga kami temukan pembuangam sampah oleh hotel dan pelaku pariwisata tanpa dipungut restribusi," bebernya.
 
Terkait dengan kondisi tersebut, Gde Artison mengungkapkan tempat pembuangan sampah tersebut harus segera ditutup.
 
Penutupan ini harus segera dilakukan karena melihat kondisi gedung eks Puskesmas yang terlihat sangat kumuh. "Selain kumuh karena gedung eks puskesmas yang dijadikan TPS juga sampah tidak dipilah, bahkan seharusnya sampah daun yang organik bisa untuk kompos juga dibuang disana," bebernya.
 
 
 
Pihaknya menambahkan, sebagai tindak lanjut Komisi II akan segera melakukan rapat kerja dengan dinas terkait untuk membahas masalah sampah ini.
 
"Dengan kawasan bakau yang rentan juga terumbu karang yang juga bisa rusak karena sampah, dan sampah juga konsekuensi berkembangnya pariwisata dan kemajuan Nusa Penida saya rasa ini bukan masalah yang cuma satu pihak menyelesaikan, harus semua pihak. Pemda - Masyarakat - Pelaku Pariwisata," pungkasnya. (BB)