Butuh Pemimpin Kuat Lepas Kemiskinan

Bupati Karangasem Kedepan, Purwa Arsana: Harus Mampu Bangkitkan Potensi Wisata "Tertidur"

  30 Juni 2019 EKONOMI Karangasem

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Sampai saat ini kabupaten paling timur Pulau Bali yakni Karangasem masih kerap diberi 'gelar' daerah miskin di Bali. Meski Karangasem sudah berkali-kali ganti tampuk kepemimpinan, tapi 'Bumi Lahar' itu menyandang daerah miskin dibanding kabupaten lainnya di Bali.
 
 
Adalah tokoh asal Jero Kanginan, Desa Bugbug, Karangasem, Nyoman Purwa Ngurah Arsana yang merasa miris dengan tanah kelahirannya yang masih kalah dengan daerah lain. Politisi PDI Perjuangan yang lolos duduk di DPRD Bali periode 2019-2024 ini juga merasa terketuk untuk memajukan tanah leluhurnya tersebut.
 
"Kami jengah Karangasem terus-terusan dilabeli dan digaungkan daerah miskin. Ke depan “gelar” miskin itu mestinya sudah tidak ada lagi. Karangasem harus bisa maju dan setara dengan kabupaten lain di Bali," kata Anggota DPRD Bali terpilih periode 2019-2024, Nyoman Purwa Ngurah Arsana kepada awak media Baliberkarya.com.
 
Baginya, untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Karangasem, ada sejumlah kriteria yang perlu dimiliki calon pemimpin Karangasem ke depan yakni calon pemimpin Karangasem harus berkarakter kuat. Menurut pria ramah yang akrab disapa Purwa Arsana ini, calon pemimpin yang kuat di Karangasem ini diharapkan mampu membangun Karangasem keluar dari zona kemiskinan. 
 
"Pemimpin yang kuat dalam segala hal akan mampu membangun Karangasem agar maju, melepaskan label sebagai daerah miskin," tegas Purwa Arsana yang lolos ke DPRD Bali dengan mengantongi 14.054 suara pada Pileg 2019 ini.
 
Di tangan pemimpin yang kuat, lanjut Wakil Ketua DPRD Bali periode 2004-2009 ini agar bisa membangun Karangasem dan melepaskan stigma sebagai daerah kantong kemiskinan. Selain itu, bupati Karangasem kedepan harus punya pengaruh kuat serta koneksi atau jaringan keluar daerah yang tinggi sehingga mampu menarik investor.
 
"Tak cukup hanya kemampuan intelektual, harus ada pemimpin yang berani dan kuat dalam segala hal. Sebab Karangasem ini karakter daerahnya panas, keras sehingga pemimpinnya juga harus keras, dalam artian gigih, berani, punya kemampuan kuat," tegas Purwa Arsana.
 
Ket Foto: Anggota DPRD Bali terpilih Nyoman Purwa Ngurah Arsana
 
 
Selain itu, kata Purwa Arsana, pemimpin Karangasem kedepan harus mampu membangkitkan potensi Karangasem khususnya di sektor pariwisata. Apalagi daerah di bawah kaki Gunung Agung ini dianggap punya potensi yang luar biasa, bahkan melebihi beberapa daerah lainnya di Bali.
 
"Banyak potensi alam di Karangasem yang masih tersembunyi belum dieksplorasi khususnya untuk pengembangan pariwisata. Karangasem punya potensi luar biasa dibandingkan kabupaten lain di Bali dengan alamnya," terangnya. 
 
Tokoh Karangasem jebolan Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar ini memberi contoh daya tarik keindahan alam di Bukit Asah, Desa Bugbug, yang terletak di balik Pantai Prasi, Karangasem yang dikenal obyek wisata baru di Bali ini menyajikan keindahan pemandangan tebing dan hamparan laut. Destinasi alam Bukit Asah ini kini telah dikembangkan menjadi tempat kemah yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Karangasem.
 
"Salah satu kriteria penting pemimpin Karangasem adalah mampu mengembangkan potensi alam jadi potensi pariwisata unggulan. Potensi pariwisata yang sekarang 'tidur' diwilayah Karangasem ini harus dibangkitkan dan dikembangkan terus," harapnya.
 
Tak kalah penting, Purwa Arsana menegaskan calon pemimpin Karangasem tentunya haruslah orang yang bersih dan tulus untuk membangun daerahnya sendiri. Baginya, kemenangan calon pemimpin Karangasem nanti haruslah karena kemenangan karma baiknya. 
 
 
"Bukan tipe-tipe pemimpin yang ingin mencari proyek untuk memperkaya diri. Niat harus tulus mensejahterakan masyarakat Karangasem, bukan karena ingin cari jabatan atau kekayaan," tegas pengusaha sukses dan dikenal dermawan ini.
 
Bagi Purwa Arsana, dengan potensi alam Karangasem sangat besar, ditambah SDM-nya juga banyak dan berkualitas maka untuk memajukan Karangasem sesungguhnya tak terlalu berat. Kekayaan alam yang luar biasa di Karangasem yakni ada gunung, bukit dan pemandangan laut yang indah, serta Pura Besakih dan sejumlah pura besar lainnya menjadi daya tarik tersendiri.
 
"Banyak SDM Karangasem yang berkarir dan sukses di luar daerahnya sehingg ini membuktikan sesungguhnya kekuatan warga sangat besar untuk memajukan daerahnya sehingga keluar dari kemiskinan. Kalau semua itu mendapat perhatian serius maka bisa menjadi kekuatan ekonomi yang besar," pungkas politisi yang punya keyakinan ‘berani melangkah harus menang’ ini.(BB).