Belajar Hatinya PKK

Wakil Bupati Sedana Arta ajak TP PKK Bangli Studi Tiru ke Badungrejosari

  26 Juni 2019 SOSIAL & BUDAYA Nasional

Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Untuk meningkatkan kemampuan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangli, dalam pelaksanaan 10 pokok program PKK, utamanya dalam pelaksanaan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE beserta Ny. Sariasih Sedana Arta, Sekretaris (Sekda) Daerah Kabupaten Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra beserta Ny. Suardini Giri Putra, Selasa (25/6) mengajak TP PKK dan Perbekel se-Bangli, melaksanakan studi tiru ke Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Malang, Jawa Timur. 
 
 
Kedatangan rombongan Pemkab Bangli, diterima oleh Camat Sukun I Ketut Widi Eka Wirawan, SE.,M.Si dan Lurah Bandungrejosari Zainul Amali, S.Sos.,M.Si di Gedung Pertemuan Kelurahan Bandungrejosari.
 
Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan itu mengatakan, selama ini PKK di Kabupaten memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pembangunan di Kabupaten Bangli. Menurutnya, hampir semua program PKK di Kabupaten Bangli bisa disinergikan dengan program pemerintah yang ada.
 
Dipilihnya Kelurahan Bandungrejosari sebagai lokus studi tiru, karena Program HATINYA PKK TP PKK Kelurahan Bandungrejosari, merupakan salah satu yang terbaik ditingkat nasional. Sehingga disepakati pada saat Bimbingan Teknis (Bimtek) TP PKK Kabupaten Bangli, bahwa TP PKK Kelurahan Bandungrejosari menjadi lokus study tiru.
 
 
Wabup berharap nantinya para TP PKK kabupaten dan Perbekel dapat menyimak dengan seksama paparan dari kelurahan Bandungrejosari sehingga dapat diaplikasikan di Kabupaten Bangli yang tercinta "Kita tidak perlu lahan yang luas, tetapi pemaanfaatan yg kita optimalkan, Untuk itu hari ini kami datang kesini (Bandungrejosari), untuk belajar pemanfaatan halaman rumah" ucapnya.
 
Pada kesempatan itu Wabup Sedana Arta juga meminta, suatu ketika TP PKK kelurahan Bandungrejosari dapat berkunjung ke Kabupaten Bangli, agar silaturahmi tetap terjaga dengan baik. "Terima Kasih penerimaan dan penyambutan yang hangat ini, kami berharap kedepan kelurahan bandungrejosari dapat berkunjung ke kabupaten bangli" pungkasnya
 
Sementara itu Camat Sukun pada kesempatan itu mengaku senang karena Kabupaten Bangli memilih Kelurahan Bandungrejosari sebagi tempat study tiru. Menurutnya, pada program HATINYA PKK, ada berbagai program unggulanunggulan yang dimiliki  TP PKK Bandungrejosari. Ia mencontohkan, salah satunya program "SABU-SABU" (Shalat Subuh Berjemaah Sapu Halaman Belanja Gratis). Belanja Gratis ini dimaksudkan setiap warga tiap paginya memetik hasil pertanian berupa sayur mayur yang terdapat dihalaman rumahnya secara gratis.
 
 
Selain itu, sambung dia, disini juga memiliki produk produk ungggulan, seperti kerupuk ikan lele, kerupuk tempe, kerupuk pisang yang merupakan kreasi olahan warga. "Olahan kerupuk kami sudah masuk kedalam pasar pasar modern daerah sini," imbuhnya.
 
Sambung dia, kemajuan pengembangan produk dan pemanfaatan lahan ini tidak terlepas dari Kerjasama melalui MoU dengan bank BI, informasi publik melalu radio lokal dan peran pemerintah Kota Malang.(BB)