105 Atlet Ikuti Kejuaraan Panahan Tradisional Piala Bupati Badung

  23 Juni 2019 OLAHRAGA Badung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Sedikitnya ada 105 peserta mengikuti kejuaraan Bupati Badung Cup untuk Lomba Panahan Tradisional Gladen Ageng Patrasipala. Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa berkesempatan membuka kejuaraan ini di Lapangan Mangupraja Mandala, Puspem Badung, Minggu (23/6/2019).
 
 
Lomba dibagi menjadi empat kategori yaitu dewasa putra, dewasa putri, anak-anak putra dan anak-anak putri. Peserta tersebut berasal dari seluruh nusantara. Dalam sambutannya Wabup Suiasa sangat mendukung dan mengapresiasi lomba panahan tradisional yang diinisiasi Patrasipala Badung, terlebih diselenggarakan di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung.
 
Menurutnya kegiatan ini melestarikan nilai budaya dan tradisi yang telah diwarisi oleh leluhur. “Panahan tradisional adalah suatu warisan budaya yang mengedepankan olah pikir, olah hati dan olah pernapasan. Ini sejatinya pembangunan rohani dari masyarakat kita,” kata Suiasa.
 
Diharapkan lomba ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, karena sangat sejalan dengan prioritas pembangunan di Kabupaten Badung yaitu dalam upaya melestarikan dan mengembangkan seni, adat, agama dan budaya.
 
 
Ketua panitia Ari Sudana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan bentuk kebanggaan terhadap seni panahan tradisional. Panahan tradisional sangat kental dengan budaya asli nusantara, dan lomba ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan panahan nusantara.
 
Dalam lomba ini bukan persaingan yang utama, namun lebih kepada meningkatkan tali persaudaraan melalui panahan tradisional nusantara. “Banyak yang kita dapat dari filosofi memanah yaitu menyatukan sabda, bayu dan idep, menyatukan kata hati, tenaga dan pikiran,” Tutup Suiasa. (BB)