Bupati Made Gianyar Pimpin Apel Lahirnya Pancasila

  01 Juni 2019 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn., memimpin jalannya apel peringatan hari kelahiran Pancasila, Sabtu (1/6). Apel yang dipusatkan di lapangan Kapten Mudita Bangli, dihadiri oleh Forkompinda Bangli, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangli I.B. Gde Giri Putra, pimpinan OPD, unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat dan ASN dilingkungan Pemkab Bangli.
 
 
Seusai apel berlangsung, Bupati  Made Gianyar menyampaikan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
 
 
Menurutnya, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi, bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, karena melalui peringatan ini, pertama kita mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia, sebagai dasar negara, sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bisa bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.
 
 
Sambung Bupati Made Gianyar, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi  peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan Iagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.
 
 
Ia juga mengatakan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, kita harus mengerti, memahami, melaksanakan dan mengamankan Pancasila, karena Pancasila dan NKRI harga mati. “Sebagai bangsa, ayo kita mengerti Pancasila, baca Pancasila dan hafal Pancasila. Kita Bertani ingat Pancasila, kita beternak ingat Pancasila, jadi ASN ingat Pancasila, Jadi TNI/Polri ingat Pancasila, jadi DPR ingat Pancasila, karena jika tidak ada Pancasila, tidak akan ada profesi kita sekarang” tutupnya. (BB)