Gunung Agung Erupsi Lagi, Suara Gemuruh Terdengar hingga Pos Rendang

  31 Mei 2019 PERISTIWA Karangasem

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Gunung Agung, Bali, Jumat (31/5) sekira pukul 11.42 wita kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). 
 
 
 
Informasi dari sumber data KESDM Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. 
 
Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 8 menit 4 detik. 
 
"Terdengar suara gemuruh di pos Rendang," ungkap petugas, Jumat (31/5) terkonfirmasi di Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Karangasem.
 
 
Dilaporkan saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi: (1) Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. 
 
Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru. 
 
(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(BB)