Minyak Oles Bokashi Mulai Dipasarkan di Republik Czech

GNW for Baliberkarya
Baliberkarya.com-Internasional. Upaya tidak kenal menyerah yang dilakukan seorang Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr Ir Gede Ngurah Wididana, M.Agr untuk memasarkan produk Ramuan Pak Oles ke tanah Eropa akhirnya menuai hasil. Penjajagan pasar khususnya untuk Minyak Oles Bokashi di kawasan negara-negara Eropa dipercayakan penanganannya kepada perusahaan perminyakan, hiburan dan properti milik Miroslav Hovezak yang berkantor pusat di Kota Cekoslovakia, Republik Czech. 
 
 
Saat itu Mr Miroslav yang berkunjung ke Bali didampingi Ny Lenka Hovezak dan staf bertemu dengan pemilik perusahaan PT Karya Pak Oles Group untuk membahas hal-hal teknis untuk bisa dan sesegera mungkin memasarkan Minyak Oles Bokashi di kawasan Eropa. 
 
"Saat itu, Mr Miroslav menyatakan bahwa pihaknya siap membantu untuk memasarkan Minyak Oles Bokashi produksi Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer Bali ke 27 negara di Uni Eropa," kata Gede Ngurah Wididana di Denpasar.
 
Keseriusan salah satu pengusaha terkaya di Republik Czeck itu bahkan berani untuk merelakan salah satu perusahaan Hovezak yakni PT MPM Ates yang fokus memasarkan Minyak Oles Bokashi, baik di kalangan masyarakat Cekoslovakia maupun ke 27 negara lain yang terhimpun dalam Uni Eropa. 
 
"Yang terpenting, perihal kandungan yang ada di dalam Minyak Oles Bokashi di Indonesia sama persis dengan yang dipasarkan PT MPM Ates. Bedanya hanya soal kemasan,’’ jelas Wididana yang diakrabi Pak Oles itu.
 
Minyak Oles Bokashi yang siap beredar di Cekoslovakia dan 27 negara lain di Uni Eropa harus dalam kemasan botol. Semua harus sesuai sertifikat dan aturan yang berlaku. Jadi, produk berkualitas dari Bali, Indonesia itu tidak dalam kemasan plastik. Soal logo produk tetap tertulis GNW dan semua item yang tersurat dalam kemasan seperti dipasarkan di Indonesia dan negara non Uni Eropa tetap dipertahankan seperti semula.
 
 
 
Miroslav yang sudah dua kali berkunjung ke Bali itu cukup mengenal khasiat Minyak Oles Bokashi sebagai salah satu obat tradisional yang kaya manfaat bagi kesehatan. Antara lain untuk kulit, luka, nyilu, tulang dan rematik. Bahkan Miroslav mengakui bahwa dirinya sudah 17 tahun memakai Minyak Oles Bokashi. 
 
Saat itu dirinya mendapat produk tersebut dari seorang temannya yang menetap di Karangasem. Selama memakai produk tersebut di Cekoslovakia, banyak orang yang menyukai aroma dan khasiatnya. Mayoritas warga yang sudah memakai dan mengenal produk khas Bali itu minta agar produk serupa bisa dipasarkan di Cekoslovakia sekaligus menjadi pintu masuk ke Negara-negara yang terhimpun dalam Uni Eropa seperti Italia, Inggris, Polandia, Belanda, Perancis, Jerman dan Turki.
 
Sejak pertemuan yang penuh kekeluargaan pada pekan terakhir Oktober 2018 tersebut, perizinan Minyak Oles Bokashi di negara Uni Eropa sudah selesai dilakukan. Kini, saatnya produk yang diciptakan sendiri oleh Pak Oles itu mulai dipasarkan melalui outlet-outlet dan spa. Untuk membina kerja sama pemasaran Minyak Oles Bokashi, tercatat beberapa kali perusahaan Miroslave berkunjung ke perusahaan Pak Oles, dan sebaliknya Pak Oles juga melakukan kunjungan balasan. 
 
Ny Lenka Miroslave yang sering berlibur ke Bali, biasanya tinggal di Kubu, Karangasem. Bagi Ny Lenka, Bali menjadi salah satu pulau wisata  terfavoritnya. Ada laut yang begitu indah, pesona Gunung Agung yang sangat menarik, alam yang menawan dan budaya yang beraneka macam. 
 
 
Dalam kunjungan yang berakhir pada 28 Mei itu, Ny Lengka Miroslave bertandang ke Bokashi Farm Waribang, Denpasar Timur bersama teman lain seperti Ms Lenka, Veronica, Gibka, Indra dan Ms Sarka. Mereka terpukau menyaksikan secara langsung berbagai jenis tanaman obat koleksi Pak Oles. Di dalam lahan seluas 40-an are tersebut, mereka ditemani Ir Koentjoro Adianto selaku Manager Bokashi Farm. Rombongan asal Eropa tersebut keliling melihat tanaman herbal yang juga sebagai pilot project IPSA Bali di jantung Kota  Denpasar. 
 
 
Kepada tamunya, Pak Oles yang didampingi Ny Komang Dyah Setuti, Sn itu menjelaskan  berbagai manfaat tanaman herbal yang dikembangkan intensif serta cara penggunaannya dalam industri herbal menjadi berbagai produk. Mereka tertarik dengan produk Minyak Oles Bokashi dan Minyak Tetes Bokashi, produk Teh Herbal, dan kosmetik Bali Stuti. Minyak Oles Bokashi cocok dijadikan hadiah kepada teman-teman guru di Czech karena barangnya unik, berkhasiat dan langka, demikian ungkap Ny Lenka yang menjelaskan alasannya kenapa memborong Minyak Oles Bokashi.
 
Ny Lenka sangat tertarik dengan tanaman sereh untuk teh herbal dan sereh untuk minyak yang dikenal dengan nama lemon grass, dan menanam bibitnya di villa kesayangan di Desa Batu Ringgit, Kubu. Di akhir pertemuan, Pak Oles menjamu Lenka dan grupnya dengan menu racikan makanan berupa sayur organik, udang dan ayam, pimpinan Chef Bagia.
 
Pak Oles mengharapkan kerja sama pemasaran produk Minyak Oles Bokashi bisa terus dikembangkan dan ditingkat antar pemasaran perusahaan. Selain warga Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Australia juga di kawasan Asia Pasifik seperti Malaysia, Thailand, Korea Selatan dan Jepang. Malah di Jepang, produk Bali itu terjual di toko modern, obyek wisata ternama, spa dan massage berlabel Bokashi.(BB)

TAGS :

Komentar