Salut! Mahasiswa Fakultas Pertanian Undwi Diberi Beasiswa Sampai Tamat Kuliah

Baliberkarya
Baliberkarya.com-Denpasar. Berbagai keistimewaan ditawarkan Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra (Undwi) Denpasar dalam upaya memberi kesempatan bagi para calon mahasiswa baru menempuh kuliah di perguruan tinggi swasta ini.
 
 
“Salah satunya, kami memberi beasiswa bagi para mahasiswa, khususnya lulusan SMA/SMK Dwijendra, sejak mulai menempuh perkuliahan hingga tamat kuliah,” ungkap Dekan Fakultas Pertanian Undwi, Ir.Ni Ketut Karyati, MP. di kampus setempat, Jumat (24/5/2019).
 
Informasi ini disampaikan Karyati terkait pendaftaran mahasiswa baru yang dilaksanakan dua gelombang. Gelombang pertama pada 28 April-26 Juni 2019. Gelombang kedua pada 1 Juli-21 Agustus 2019.
 
Terobosan yang dilakukan dengan pemberian beasiswa itu tak terlepas dari tingginya minat lulusan SMA untuk meneruskan kuliah, namun terbentur pada biaya perkuliahan. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Bali, menurut Karyati, Undwi peduli dengan memberi  fasilitas bantuan biaya kuliah dalam bentuk beasiswa. “Ini bentuk kepedulian  dan tanggungjawab kami, sesuai amanat Kemendikti,” ujar Karyati.
 
 
Secara terpisah, Rektor Undwi, Dr.Ir.Gede Sedana, MSc,MMA mengamini informasi yang disampaikan Dekan FP Undwi. Menurutnya, pemberian beasiswa sampai tamat kuliah, sudah menjadi keputusan pihak rektorat dan diberikan terutama untuk calon mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA/SMK Dwijendra.”Selain beasiswa dari internal, Undwi juga memfasilitasi pemberian beasiswa dari Kemendikti seperti PPA dan Bidikmisi,” tegas Sedana.
 
Fakultas Pertanian Undwi memiliki dua program studi yaitu Agribisnis dan Agroteknologi dengan konsentrasi arsitektur pertamanan. Fakultas Pertanian  di harapkan mencetak calon peneliti, perencana, wirausaha, designer pertanaman selain pelaku bisnis pertanian lainnya. Mahasiswa selalu dibekali dengan pengetahuan yg bersifat teori dan praktis.
 
 
Mahasiswa diberikan pembelajaran di luar kampus seperti di lahan sawah dan kebun serta peternakan dan langsung bersama petani dan peternak. Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk mengenal sektor pertanian di luar negeri seperti Thailand, misalnya kunjungan ke Chulalongkorn University dan pengelolaan usahatani pada beberapa tempat di sentra-sentra pertanian.
 
Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti PTN maupun PTS di Bali dan luar Bali, pemerintahan baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten, serta organisasi atau institusi swasta berkenaan dengan sektor pertanian. Telah berlangsung juga kerjasama dengan lembaga internasional, baik perguruan tinggi maupun non-goverment organization seperti Maryland University (AS), Wageningen University and Research (Belanda), Landi Institusi (Tanzania), ICRAF (Bogor), dan sebagainya.
 
 
Karyati menyebut ada dua keunggulan lokal yang selama ini “dijual” sebagai daya tarik kuliah di Fakultas Pertanian Undwi yakni pengembangan agribisnis berbasis kelembagaan subak dan pengembangan pariwisata berdasarkan pertanian/agrowisata.
 
“Mahasiswa senantiasa dilibatkan dan berpartisipasi dalam workshop, seminar dan training, kegiatan seni dan olahraga, pengembangan bisnis, serta penataan kebun/taman,” tambah Karyati. (BB)

TAGS :

Komentar