Pak Oles Segera Produksi Minuman Kesehatan di Malang

  22 Mei 2019 KESEHATAN Denpasar

GNW for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional segera  mengembangkan  unit usaha baru yakni Pro EM One sejenis penerapan Effective Microorganisme (EM4) yang khusus untuk minuman yang mampu menambah kesegaran dan kesehatan tubuh manusia.  
 
 
“Unit usaha baru itu rencananya dikembangkan di Malang, Jawa Timur,  bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung yang diperlukan,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr di Denpasar, Selasa (22/5).
 
Ia mengatakan, pabrik Pro EM One yang khusus untuk minuman kesehatan itu diharapkan sudah bisa beroperasi dua bulan mendatang, karena kerja sama dan berbagai persiapan mulai dilakukan. Pembukaan pabrik Pro EM One itu menuntut untuk melakukan penelitian dan pengkajian menyangkut kesehatan perut guna mencegah penyakit yang bisa menyerang tubuh.
 
 
 
Upaya tersebut telah didukung dengan adanya perkebunan tanaman obat seluas tujuh hektar di Desa Bengkel, Kabupaten Buleleng yang mengoleksi sekitar 300 jenis tanaman obat. Hamparan lahan yang sangat luas didukung sistem  pengairan yang memadai itu ditata sedemikian rupa untuk dikembangkan ratusan  jenis tanaman obat. Tanaman obat yang ditata sedemikian rupa selain memberikan manfaat untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat juga mampu menciptakan lingkungan yang hijau dan lestari.
 
Konsep perkebunan dengan tanaman obat di Desa Bengkel, Kabupaten Buleleng, pesisir utara Pulau Bali itu berada dalam satu kawasan dengan pabrik EM yang setiap tahunnya memproduksi 700 ton untuk mendukung pengembangan sektor pertanian yang pemasarannya telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Di dalam kawasan perkebunan tersebut juga terdapat pabrik Minyak Oles Bokashi  yang produksinya telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.
 
 
BACA JUGA : Melaut Sejak Senin, Ketut Suwiana Belum Ditemukan             
 
Pembangunan pabrik EM One di Malang, Jawa Timur itu khusus produksi minuman yang segar, meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Tidak menutup kemungkinan untuk produk minuman herbal lainnya. Sedangkan pabrik EM di Desa Bengkel, Buleleng diarahkan untuk memproduksi EM untuk mendukung pengembangan sektor perikanan dan peternakan. Pabrik EM di Desa Bantas, Kabupaten Tabanan produksi EM untuk mendukung pengembangan sektor pertanian.(BB)