Buah Mahkota Dewa Bahan Baku Teh Herbal

GNW for Baliberkarya
Baliberkarya.com-Buleleng. Kebun Mahkota Dewa yang ditanam di sekitar Pabrik Pupuk Organik di Desa Bantas, Kabupaten Tabanan mampu memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan teh herbal  yang prosesnya dilakukan di kawasan  Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Gedung pabrik tersebut menyatu dengan pabrik Effective Microorganisme (EM4) dan Minyak Oles Bokashi. 
 
 
“Setiap bulan atau dua bulan sekali kami mengirim 3-5 kampil buah Mahkota Dewa ke pabrik untuk diolah menjadi teh herbal yang siap hidang,” kata Kadek Evariana, staf Pabrik Pupuk Organik Desa Bantas Tabanan, Kamis (16/5).
 
Ketika menerima kunjungan Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang diakrabi Pak Oles melihat dari dekat aktivitas pembuatan pupuk organik, pembuatan  EM4 dan kebun Mahkota Dewa. Pabrik pupuk organik yang dibangun di atas lahan seluas satu hektar itu masih banyak terdapat lahan-lahan yang kosong dan dimanfaatkan untuk menanam Mahkota Dewa sebagai bahan baku pembuatan teh herbal.
 
Pengembangan tanaman Mahkota Dewa seluas 200 meter sejak lima tahun silam sudah beberapa kali berbuah. Hanya saja, buahnya tidak terlalu banyak. Hal itu diduga karena jarak tanam yang terlalu padat (dekat). Gede Ngurah Wididana, alumnus Fakultas Pertanian Udayana, IHDN Denpasar & Universitas Ryukyu Okinawa, Jepang melihat kondisi tanaman mahkota Dewa yang jarak tanam sangat padat, segera intruksikan stafnya Kadek Evariana dan Kepala Produksi Pupuk Bokashi Kotaku Desa Bantas, Kadek Budi  untuk memangkas dan bahkan memotong beberapa pohon agar lebih berjarak.
 
 
 
Pohon Mahkota Dewa yang sudah berbuah itu menjadi jarang satu sama lainnya tidak lagi saling bersentuhan, diiringi dengan pemupukan dan penyiraman yang baik diharapkan buahnya akan semakin lebat. “Tanaman Mahota Dewa dalam areal dua are itu tinggal separuhnya atau sekitar 22 pohon diharapkan produksinya bisa berlipat ganda,”  ujar Pak Oles.
 
Pohon Mahkota Dewa yang dipotong itu dipetik buahnya sebanyak satu kampil, langsung dibawa ke Pabrik Pengolahan Teh di Desa Bengkel. Tanaman Mahkota Dewa awalnya hanya digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman asli Papua itu  digunakan oleh orang- orang Cina sebagai bahan obat tradisional.
 
Mahkota Dewa memiliki buah yang berwarna merah ketika matang. Buah ini kemudian dikeringkan dan diolah menjadi ramuan yang bisa menyembuhkan beberapa  penyakit antara lain Sebagai Detoks Tubuh. Tubuh menerima berbagai jenis makanan dan minuman setiap hari. Makanan dan minuman tersebut ada kalanya bersifat racun bagi tubuh, terutaman makanan yang bersifat adiktif atau mengandung terlalu banyak perasa buatan. Ginjal dan hepar sebagai organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun tentu akan kewalahan. Pada akhirnya racun akan tertimbun di dalam tubuh dan tidak dapat dikeluarkan. Untuk itu perlu dilakukan detoksifikasi terhadap tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengguanakan mahkota dewa. Mahkota dewa mengandung alkaloid yang dapat membantu menghilangkan semua racun di dalam tubuh.
 
Selain itu mampu melawan bakteri dan virus. Bakteri dan virus sangat mudah berkembangbiak dan menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh. Mereka masuk ke dalam tubuh melalu berbagai jalan seperti makanan dan minuman yang terkontaminasi, serta melalui udara. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus di antaranya adalah kolera, tifus, tubercolosis dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa konsumsi mahkota dewa. Ramuan herbal yang terbuat dari mahkota dewa mengandung saponin yang bisa melawan bakteri dan virus.
 
 
 
Juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Sistem kekebalan tubuh diperankan oleh anti bodi manusia sendiri. Bayangkan saja jika kekebalan tubuh terganggu, penyakit pasti akan sangat cepat menyerang tubuh yang lemah. Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi mahkota dewa yang mengandung senyawa saponin. Jika dikonsumsi secara teratur maka bisa juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 
Mahkota Dewa juga bisa mengurangi resiko diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh tidak dapat produksi insulin sebagai horman yang mengatur kadar gula dalam darah. Diabetes bisa disebabkan resistensi insulin yang berlebihan dan tubuh yang tidak memiliki respon baik terhadap gula darah. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, bisa konsumsi buah mahkota dewa yang telah dikeringkan. Kandungan saponin dipercaya bantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah sehingga penyakit diabetes dapat dihindari.
 
Meningkatkan vitalitas. Manfaat lain dari buah mahkota dewa khususnya bagi pria yakni meningkatkan vitalitas. Buah mahkota dewa memiliki kandungan saponin yang sangat baik untuk meningkatkan vitalitas.(BB)

TAGS :

Komentar