Pendidikan Rata-rata SMP, Demer: Wajar 'Caleg Bansos' Banyak Dipilih Warga

ilustrasi nett
Baliberkarya.com-Denpasar. Plt. Ketua DPD Golkar Bali Gede Sumarjaya Linggih alias Demer menyatakan tingkat pendidikan dan kesejahteraan masyarakat akan sangat menentukan demokrasi yang baik dan sehat di masa mendatang. Ia menyebut, saat ini tingkat pendidikan masyarakat Bali kelulusannya masih rata-rata SMP (Sekolah Menengah Pertama) sehingga tak heran Caleg yang memberi Bansos, Hibah dan sejenisnya akan banyak dipilih.
 
 
"Saat ini pemilik Bansos dan Hibah menjadi pemenang Pemilu Legislatif. Tapi kedepan pasti akan terjadi pergeseran pola pikir masyarakat dalam menentukan sikap dan pilihannya pada pemilu mendatang sejalan dengan semakin tingginya tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakat," kata Demer saat diminta komentarnya oleh awak media Baliberkarya.com terkait kualitas demokrasi ke depan.
 
Demer menjelaskan, jika Amerika membutuhkan waktu ratusan tahun untuk menghasilkan demokrasi sebagaimana yang bisa dilihat saat ini. Kondisi itu tercipta sejalan dengan majunya tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakatnya.
 
"Saya yakin hal itu juga akan terjadi di negeri ini. Kalau pola pikir rakyat sudah maju dan ekonominya bertumbuh dengan baik. Jadi apa yang terjadi sekarang ke depannya akan berubah," jelas Anggota Komisi VI DPR RI asal Buleleng itu.
 
 
Ia mengakui saat ini adanya bantuan seperti Bansos, Hibah, dan money politik masih mempengaruhi masyarakat. Tapi ketika nanti kondisi masyarakat sudah maju, maka pola-pola lama seperti ini akan ditinggalkan masyarakat. 
 
Ket Foto: Anggota Komisi VI DPR RI Gede Sumarjaya Linggih alias Demer
 
Demer yang pada pileg 2019 ini kembali lolos untuk keempat kali ke Senayan ini mengakui hal penting yang harus dilakukan untuk membenahi kualitas demokrasi saat ini adalah meningkatkan pendidikan termasuk para caleg.
 
Demer mencontohkan saat ini syarat calon legislatif masih terbilang sangat sederhana dan gampang. Pasalnya, saat ini dengan pendidikan setara kejar paket C sudah bisa nyaleg dan ke depannya saringan kualitas pendidikan ini harus ditingkatkan lagi sehingga bisa menumbuhkan demokrasi yang lebih baik.
 
 
Terkait Pileg saat ini, Demer mengaku sudah berjalan cukup bagus. Bahkan ia melibat dukungan rakyat terhadap Partai Golkar meningkat signifikan dan hal itu terbukti di Pileg ini perolehan suara Partai Golkar naik 60 ribu lebih dibandingkan pemilu 2014 silam.
 
Partai Golkar Bali, sambung Demer masih bisa mempertahankan dua wakilnya di DPR RI yakni Gede Sumarjaya Linggih dan incumbent AA Bagus Adhi Mahendra Putra yang kini duduk di Komisi IV. Ia menyebut sebenarnya bisa tiga wakil Golkar namun sayang mantan wakil Bupati Karangasem yakni Wayan Geredeg. masih kurang sedikit suara untuk bisa lolos ke Senayan. 
 
"Hal ini menunjukkan pula kader-kader Partai Golkar tetap solid, kerja keras dan dekat dengan rakyat," pungkasnya.(BB).

TAGS :

Komentar